Kota Tasik Raih Juara 2 FLS2N Jabar

199
0
BANGGA. Putri Shafaarani Hisaanah (tengah) menunjukkan piala juara 2 lomba FLS2N 2019 didampingi Kepala SDN 2 Gunungpereng Upen Supenti SPd (kanan) dan Pembimbing Kriya Anyam Ira Rosmiati. Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Siswa SDN 2 Gunungpereng Putri Shafaarani Hisaanah berhasil meraih juara 2 lomba kriya anyam di ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019 tingkat Jawa Barat. Di ajang tersebut Putri mewakili Kota Tasikmalaya.

Kasi Kesiswaan SD Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Drs Ie Karyana MPd mengatakan pihaknya bangga atas keberhasilan Putri dalam mengharumkan Kota Tasikmalaya di ajang FLS2N tingkat Provinsi Jabar.

“Apalagi bidang lomba yang dimenangkan yakni kriya anyam. Hal ini tentu bisa membangun motivasi Kota Tasikmalaya sebagai daerah yang memiliki potensi di bidang kriya anyam,” kata dia kepada Radar, Kamis (29/8).

Melalui prestasi tersebut, sambungnya, pihaknya mendorong siswa untuk bisa menganyam dan membuat kerajinan tangan seperti tikar, dompet dan lain-lain. Makanya keterampilan kriya anyam ini mesti diwariskan kepada siswa SD agar mereka terampil dan kreatif.

“Ke depannya kriya anyam ini bisa menjadi life skills atau keterampilan hidup bagi siswa,” ujarnya.

Dalam mendongkrak motivasi belajar siswa di bidang kriya anyam ini, pemerintah melalui Disdik Kota Tasikmalaya akan memberikan apresiasi kepada siswa berprestasi.

“Kita sudah mengajukan apresiasi untuk lima siswa berprestasi ke Pemkot Tasikmalaya. Mereka adalah empat orang juara tingkat provinsi dan satu tingkat nasional,” katanya. Salah satu dari juara provinsi tersebut yakni Putri Shafaarani Hisaanah.

Kepala SDN 2 Gunungpereng Upen Supenti SPd menjelaskan siswa di sekolahnya memang dilatih untuk menguasai bidang non akademik seperti kriya anyam.

“Selalu melakukan persiapan sejak awal untuk meningkatkan kreativitas siswa di bidang non akademik, disamping harus menguasai bidang akademik,” katanya.

Selain itu, pihak sekolah dan orang tua murid selalu mendukung apa yang diberikan guru pembimbing untuk menghasilkan siswa yang terampil dan berprestasi.

Pembimbing Kriya Anyam SDN 2 Gunungpereng Ira Rosmiati menyampaikan dengan prestasi Putri di ajang FLS2N 2019 jenjang SD merupakan hasil dari kerja keras dan ketekunan siswa dalam mempelajari keterampilan anyaman. “Selain itu didukung dengan support dari semua pihak,” katanya.

Putri Shafaarani Hisaanah (12) mengaku senang dapat menyumbang prestasi untuk sekolah dan Kota Tasikmalaya. Prestasi tersebut menjadi modal dalam meningkatkan keterampilan di dalam bidang kriya anyam. “Saya suka menekuni kriya anyam, bahkan saya menghias isi rumah dari karya tangan sendiri,” ujarnya. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.