Kota Tasik Zona Kuning, Pembatasan Jam Kegiatan Tetap Diperketat

7794
1
radartasikmalaya

KOTA TASIK – Peta zona resiko kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat periode 5-11 Oktober 2020 telah keluar, kemarin (12/10).

Kota Tasikmalaya yang sebelumnya masuk ke zona oranye (risiko sedang) pandemi dengan skor 2.21, kini turun masuk ke zona kuning (risiko rendah) dengan skor 2.46.

Wali Kota Tasik, Budi Budiman mengatakan, meski sudah masuk zona kuning, pihaknya tetap waspada.

Sebab, dalam Surat Edaran (SE) Gugus Tugas, hasil rapat evaluasi semalam (12/10) pembatasan kegiatan tetap diperketat.

“Karena itu (pembatasan kegiatan tetap diperketat, Red) dalam rangka mencegah kerumunan orang banyak,” ujar Budi kepada radartasikmalaya.com yang ditemudi di Hotel Harmoni, Selasa (13/10) siang.

Terang dia yang ditemui usai menghadiri Bintek Pengelolaan Administrasi Bantuan Keuangan Politik, penggunaan masker dalam aktivitas di luar rumah sudah banyak masyarakat yang taat dan paham.

“Jika dipersentasikan sudah 70 persen warga kita sudah memakai masker. Tapi yang susah itu adalah jaga jaraknya,” terangnya.

“Karena itu, pembatasan kegiatan malam kita perpanjang dua minggu dari hari ini 13 Oktober sampai 28 Oktober nanti. Setelah itu kita evaluasi lagi. Kalau turun kasus positif Covidnya, kita bisa normal lagi,” sambungnya.

Budi berharap masyarakat memahami secara utuh soal pembatasan kegiatan ini. Sebab, langkah konkrit memutus mata rantai penyebaran adalah dengan pembatasan kegiatan yang diperketat.

“Alhamdulillah pagi tadi 57 pasien dari kluster pesantren di Cihideung sudah sembuh. Angka penambahan kasus positif juga berkurang sehingga kita masuk lagi ke zona kuning,” tambahnya.

Meski demikian, jelas Budi, semua harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab, penularan Covid masih terjadi dan akan berhenti hingga vaksinnya ditemukan.

“Massa berkumpul itu masih agak sulit dikendalikan. Karena adat kita juga memang senang berkumpul. Itu bisa jadi masalah lagi. Tapi harus paham, pembatasan ini demi kesehatan semua,” jelasnya.

Hingga Selasa (13/10) siang, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tasik menjadi 316 kasus. Dari jumlah itu sebanyak 159 pasien masih di karantina dan 11 pasien meninggal dunia.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.