Kotak Suara Sobek, Segel Rusak

35
0
Istimewa MONITORING. Bawaslu Jawa Barat didampingi Bawaslu dan KPU Kota Tasikmalaya memonitor kesiapan logistik pemilu di Gudang Logistik Jalan Awipari Kecamatan Cibeureum, Jumat (1/2).
Loading...

CIBEUREUM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat menemukan sejumlah logistik Pemilihan Umum (Pemilu) di Kota Tasikmalaya rusak saat melaksanakan monitoring, Jumat (1/2).

Komisioner Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jawa Barat Yulianto menjelaskan dalam monitoring itu ditemukan lima kotak suara berbahan kardus sobek di bagian permukaan luar. Ada pula empat segel kotak suara tidak layak pakai.

“Sejauh ini hanya lima kotak dan empat segel yang sedikit rusak. Kotak suara ini masih bisa digunakan selama aspek kerahasiaan dari isi kotak suara tersebut tidak terganggu. Sementara segelnya sudah pasti tidak bisa digunakan,” ujar dia di sela-sela monitoring di Gudang Penyimpanan Logistik KPU Kota Tasikmalaya Jalan Awipari Kecamatan Cibeureum.

Dari sisi spesifikasi, kata dia, kotak suara di gudang tersebut sudah sesuai dan bisa digunakan. Hanya saja Bawaslu masih menemukan plastik pembungkus kotak suara yang rentan rusak. “Dari sisi pembungkus kotak suara, sedikit rentan, apabila teman-teman KPPS tidak hati-hati dalam proses pembungkusannya akan berakibat pembungkus dan kotak suara robek, apalagi saat distribusi dan pemilihan nanti diperkirakan masih musim hujan,” ucapnya.

Untuk uji beberapa sampel seperti tinta penanda pencoblos kualitasnya baik. Segel juga dipastikan sulit ditiru. Di sisi lain, belum semua logistik pemilu terdistribusikan ke Kota Tasikmalaya, pihaknya meminta penyelenggara daerah bisa memastikan kondisinya juga baik. “Informasi yang kita terima, jumlah logistik memang ada beberapa item yang masih belum diterima. Seperti surat suara, formulir, alat bantu bagi pemilih berkebutuhan khusus,” tuturnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.