Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

Kotaku Prioritaskan Tata Kawasan Kumuh

31
0
SOSIALISASI. Aparat desa, unsur dinas dan masyarakat mengikuti Sosialisasi Program Kotaku di Hotel Priangan Kabupaten Ciamis Kamis (14/11). IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis siap menyukseskan program nasional kawasan kumuh 0 persen. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis H Tino Armyanto Lukman LS ST MSi.

“Alhamdulillah apalagi ada tambahan yang kemarin skala kawasan Sungai Cileueur, insyaallah kalau dibangunnya tahun 2020, meski dikatakan telat juga, optimis 0 persen,” ujar Tino saat Lokakarya Sosialisasi Program Kotaku di aula Hotel Priangan Jalan Yos Sudarso Kamis (14/11). Tema kegiatan yang diikuti unsur dinas, pemerintah desa dan tokoh itu Melalui Kolaborasi Kita Tingkatkan Kualitas Infrastruktur Pemukiman, Menuju Pemukiman Layak Huni Tahun 2019: Kota Tanpa Kumuh Kabupaten Ciamis 2019.

Penataan kawasan kumuh, kata Tino, secara nasional dibagi tiga: Kawasannya kumuh di bawah 10 hektare menjadi tanggung jawab kabupaten, kalau 10 hektare dan 15 hektare tanggung jawab provinsi dan 15 hektare ke atas itu tanggung jawab pemerintah pusat.

Nah, kata Tino kawasan Sungai Cileueur yang memiliki luas di atas 15 hektare ditangani pemerintah pusat. Untuk itu pihaknya berterima kasih kepada pemerintah pusat atas penataan tersebut.

Koordinator Kotaku (Korkot) Kabupaten Ciamis Ir Dede Heryadi menjelaskan pihaknya fokus menangani kawasan kumuh di Kecamatan Ciamis dan Sindangkasih.

Di Kabupaten Ciamis, kata dia, ada sembilan desa kumuh yang pihaknya intervensi. Langkah itu sudah mereka kerjakan sejak 2017. Bentuk programnya dengan bantuan langsung masyarakat (BLM). “Kalau sekarang mah bantuan pemerintah untuk masyarakat dengan lebih ke fisik. Karena kegiatan sekarang semuanya fokus ke pembangunan fisik,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.