KPU Belum Sebarkan APK Caleg

4

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAWANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya belum mendistribusikan alat peraga kampanye (APK) ke setiap partai politik (parpol) untuk kebutuhan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Aritnya spanduk, baliho, dan poster calon anggota legislatif (calog) yang terpasang di berbagai titik saat ini merupakan APK tambahan yang dikeluarkan parpol.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya Dr Ade Zaenul Mutaqin mengatakan APK dari KPU masih dalam proses pembuatan. “Memang belum jadi, baru mau dicetak,” ujarnya kepada Radar, Rabu (10/10).

Ditargetkan pembuatan APK akan rampung dua pekan ke depan. Setelahnya  akan disebar ke masing-masing parpol. Pemasangannya dilakukan parpol. “Pemasangannya tetap oleh parpol, tapi tempatnya harus sesuai ketentuan,” tutur Ade.

Adapun APK yang dicetak KPU hanya mencantumkan konten nama, logo, nomor urut dan tokoh parpol. Tidak ada baliho dan spanduk yang mencantumkan foto caleg. “Kalau pun tokohnya itu termasuk caleg, tapi keterangannya tetap sebagai ketua atau lainnya,” jelas Ade.

Menurut dia, banyaknya APK yang menjamur di setiap penjuru kota itu dibuat parpol. Hal ini memang tidak dilarang asal sesuai aturan. “Karena pada prinsipnya aktivitas para caleg di bawah koordinasi parpol,” katanya.

Sementara, batasan jumlah APK peserta Pileg 2019 yakni lima baliho dan 10 spanduk per kelurahan serta videotron dua untuk satu kota. Adapun pengawasan jumlah APK, pihaknya menyerahkan Bawaslu supaya peserta pileg tidak menyalahi aturan kampanye. “Kalau memang ada yang melebihi batas ya kita serahkan ke Bawaslu untuk ditindak,” ujarnya. (rga)

 

loading...