KPU Ciamis Belum Menerima Logistik Surat Suara Pemilu

63
TAK TERPAKAI. Ratusan kotak dan bilik suara alumunium bekas Pilkada 2018 menumpuk di Gedung KPU Kabupaten Ciamis, Rabu (13/2). (Iman S Rahman/radartasikmalaya.com)

CIAMIS – KPU Kabupaten Ciamis belum menerima logistik surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 hingga Rabu (13/2). Padahal, pada 20 Februari nanti, surat suara harus sudah dilipat dan disortir.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis Dr Agus Fatah Hidayat SIP MSi menyatakan untuk menanggulangi persoalan tersebut, pihaknya menyiapkan 600 tenaga pelipat surat suara (PSS).

Pelipatan surat suara tidak bisa dilaksanakan di Gedung KPU di Jalan Jenderal Sudirman. Gedung tersebut sudah dipenuhi oleh kotak dan bilik suara bekas Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

“Untuk pelipatan kertas suara tersebut akan kita laksanakan nantinya di Gedung Graha Ayu Yos Sudarso Kabupaten Ciamis,” kata dia.

Adapun jumlah surat suara yang akan dilipat mencapai 4.801.552. Jumlah tersebut terdiri dari pilpres dan DPD RI masing-masing sebanyak 958.710 lembar, caleg DPR RI mencapai 959.710 lembar, DPRD Dapil Jabar XIII sebanyak 959.710 lembar dan Caleg DPRD Kabupaten Ciamis sebanyak 964.712 lembar. “Kami juga cukup kerepotan karena pelipatan sekarang harus pindah gedung,” ucapnya.

Selain itu, Agus menerangkan dari 15 partai politik (parpol), ada 584 calon anggota legislatif (caleg). Dari jumlah tersebut ada tiga caleg yang gagal ikut pemilu.

Penyebabnya, dua caleg meninggal. Mereka berasal dari PKB dan Hanura. Seorang lagi caleg PKS mundur karena diterima menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Agus juga menjelaskan pada Pemilu 2019, kotak suara yang akan digunakan berbahan kardus. Adapun, kotak suara alumunium dan bilik suara bekas Pilkada 2018 akan segera dihapus melalui lelang. Lelang akan dilaksanakan oleh KPU pusat.

“Semua itu tidak terpakai ditambah lagi memang menghalangi proses pelipatan logistik kertas suara juga, makanya kita terpaksa pindah ke gedung lain,” ujar dia. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.