Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

4.8%

42%

14%

1.4%

26.6%

0%

10.8%

0%
Rekap Data Hasil Suara Dimulai Besok

KPU Ciamis Tidak Melakukan Quick Count

384
0

CIAMIS – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis Kikim Tarkim SAg mengatakan KPU tidak melakukan penghitungan suara pada Pilkada Serentak 2018. Penghitungan diserahkan kepada KPU Jawa Barat. Termasuk untuk suara Pilgub Jabar.

KPU Jawa Barat, kata dia, menggunakan pendataan Sitagis dengan cara mengumpulkan data dari tiap KPPS. Caranya KPPS mengirim fotor formulir hasil perolehan suara melalui aplikasi WhatsApp.

“Lantas data-data baik gubernur dan bupati diprosesnya oleh KPU provinsi saja. KPU Ciamis juga monitor dari KPU provinsi saja. Kalau kita bikin lagi (quick count) juga beli sistem lagi, mahal,” jelas Kikim saat dihubungi Radar, Rabu malam (27/6).

Dia menuturkan hasil quick count yang dilakukan pada hari H pencoblosan tidak bisa dijadikan dasar untuk menetapkan bupati dan wakil bupati yang baru.

Dasar yang bisa digunakan adalah data hasil penghitungan yang dilakukan secara berjenjang dan ditetapkan melalui rapat pleno oleh PPK. Data tersebut kemudian akan ditetapkan kembali di tingkat kabupaten.

“Nah, itu yang bisa jadi dasar untuk menetapkan siapa yang jadi bupati dan wakil bupati Ciamis terpilih,” paparnya.

Rencananya, kata dia, PPK akan melakukan rekap suara secara berjenjang besok. Hari ini mereka akan melakukan persiapan lebih dahulu.

Rekap suara oleh PPK akan dilakukan dari tanggal 28 sampai 4 Juli 2018. Kemudian, tanggal 4 sampai 6 Juli direkap di Kabupaten Ciamis.

“Rencananya di PPK itu mulai hari Jumat besok. Kan kita juga harus persiapan dulu, menyamakan persepsi dengan nanti teknis pelaksanaan rekap lebih mudah efektif,” katanya.

Kikim sendiri menolak memberikan komentar tentang siapa yang unggul dalam Pilkada Ciamis. Sebab menurutnya, data yang ada sekarang masih bersifat sementara.

“Saya belum bisa memberikan komentar mengenai siapa yang unggul karena penghitungan masih jauh,” tegasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.