KPU dan Bawaslu Ingatkan Netralitas ASN

73
0

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya meminta aparatur sipil negara (ASN) bisa menjaga netralitas pada Pilkada 2020. Hal itu diungkapkan dalam Rapat Koordinasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di Opp Room Setda Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (8/1).

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin SP menjelaskan tujuan rapat koordinasi tersebut penting dilaksanakan untuk menyosialisasikan tahapan Pilkada 2020. Termasuk terus menekankan kepada para ASN untuk selalu menjaga netralitas pada pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Semuanya kita sampaikan, dari mulai tahapan, persiapan, anggaran sampai kepada pelaksanaan. Terutama yang paling sangat dekat KPU akan melaksanakan rekrutmen PPK di tingkat kecamatan,” kata Zamzam kepada wartawan, kemarin.

Lanjut dia, dalam rapat ini pun diharapkan kepada para camat yang hadir bisa menyosialisasikan terkait tahapan rekrutmen PPK.

“Pemerintah kecamatan bisa menyosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga untuk penyelenggara di tingkat kecamatan peminatnya banyak untuk melamar sebagai PPK dan akan banyak putra daerah berkualitas yang terjaring,” kata dia.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda SIP mengatakan, lewat rapat koordinasi ini, pihaknya mengingatkan terkait netralitas ASN dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Tasikmalaya yang akan diselenggarakan September tahun ini. “Netralitas ASN dalam pilkada ini, harus menjadi sorotan dan titik rawan. Jangan sampai ASN membuat suatu kebijakan yang merugikan pasangan calon lainnya di pilkada. Jadi hukumya wajib bagi ASN netral,” ujarnya, menegaskan.

Kemudian, kata dia, panitia pengawas kecamatan pun sudah dibentuk. Mereka akan diarahkan dan diinstruksikan tetap berkoordinasi dengan pemerintahan di tingkat kecamatan untuk mewujudkan pengawasan yang baik. “Termasuk kita juga akan selalu fokus pengawasan netralitas ASN, politik uang dan kampanye di tempat ibadah,” katanya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.