KPU Garut Tunggu Surat Suara Lengkap

10

TAROGONG KIDUL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut belum melaksanakan pelipatan dan penyortiran surat suara, baik untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) Pemilu 2019.

“Belum dilakukan (pelipatan dan penyortiran) karena menunggu surat suara datang semuanya,” ujar Sekretaris KPU Garut Ayi Dudi Supriadi kepada wartawan di kantornya Rabu (13/2).

Saat ini surat suara yang sudah lengkap baru untuk pemilihan DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten. Menurut dia, pelipatan dan penyortiran akan dilakukan setelah surat suara diterima semuanya dari mulai Pemilihan Presiden, DPD RI, DPR RI hingga DPRD.

“Sesui aturannya begitu (tidak bisa dicicil) harus nanti ketika semua jenis surat suara datang. Saat ini yang belum ada itu DPD RI dan Pilpres,” katanya.

Ayi menerangkan meski pelipatan dilaksanakan mendekati hari pencoblosan, tetapi dirinya optimis proses pelipatan akan selesai sesuai target. “Kami targetkan pelipatan ini dilaksanakan di minggu kedua bulan Maret,” katanya.

Menurut dia, dalam proses pelipatan akan dilakukan di Gedung Banyu Sinergi Mandala. Hal itu karena gudang penyimpanan logistik KPU tidak mungkin digunakan karena kondisinya sudah penuh. “Kami sewa gedung untuk pelipatan surat suara ini karena gudang penuh,” terangnya.

Dia menerangkan selain pelipatan surat suara, saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan untuk perangkaian kotak suara kardus yang sudah datang sejak lama. Perakitan kotak suara akan dimulai pada 25 Februari sampai 21 Maret.

Terkait rekomendasi dari Bawaslu Jabar yang meminta penambahan gudang, Ayi menyebut sudah menambah gudang untuk penyimpanan logistik.

“Satu gudang di Bayongbong yang akan dipakai untuk logistik. Jadi nanti total ada lima gudang. Tiga untuk penyimpanan logistik, dua lagi untuk perangkaian dan pelipatan surat suara,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.