KPU Kabupaten Garut Akan Melelang Logistik Bekas Pemilu

9

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TAROGONG KIDUL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut akan mengganti seluruh kotak dan bilik suara untuk Pemilu 2019 dengan menggunakan kardus.

“Untuk Pemilu 2019 Pilpres (Pemilihan Presiden) dan Pileg (Pemilihan Legislatif) kita memakai bahan dasar kardus (kotak dan bilik suara) yang sifatnya habis,” ujar Sekretaris KPU Kabupaten Garut Ayi Dudi Supriadi kepada wartawan di kantornya Kamis (8/11).

Penggantian bahan dari kardus ini merupakan kebijakan dari KPU pusat. Alasannya, karena segala penggunaan barang harus habis pakai atau tidak menjadi aset milik KPU.

“Sekarang kan logistik Pemilu seperti kotak dan bilik suara menjadi aset KPU karena terbuat dari alumunium dan tidak habis pakai, sekarang kebijakannya diubah,” terangnya.

Terkait logistik Pemilu bekas pemilihan bupati dan gubernur dari bahan aluminium, rencananya akan dilelang.

“Kita akan jual kotak suara itu dengan taksiran harga Rp 500 jutaan, itu tawaran minimal. Kalau ada yang mau lebih silakan,” terangnya.

Sesuai aturan KPU, kotak suara hasil pemilihan kepala daerah dari bahan aluminium harus dibongkar dan dimusnahkan dengan cara dijual.

Hasil penghitungan, jumlah kotak suara di KPU Garut ada 14.211 buah, sedangkan bilik suara 6.648 buah yang akan dilelang.

“Uang hasil penjualan itu tidak bisa masuk ke KPU, tapi dikembalikan ke kas negara,” paparnya. (yna)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.