KPU Kabupaten Tasik Hentikan Sementara Perhitungan Suara

164
0
Dodi Juanda Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya

TASIK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya menghentikan penghitungan sementara atau real count di Pilkada Tasikmalaya 9 Desember lalu. Hal ini karena pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara di PPK atau kecamatan sudah dimulai sejak kemarin (11/12) hingga Minggu (13/12).

Namun hasil perhitungan sementara pada Jumat (11/12) hingga pukul 12.09, menujukkan urutan teratas masih di tempati pasangan calon nomor 2, Ade-Cecep meraih 33,1 persen, disusul Iwan-Iip 32, 0 persen, lalu Azies-Haris 23,8 persen dan Cep Zamzam-Padil Karsoma 11,2 persen. Dari data yang masuk sebanyak 1.391 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 3.740 TPS atau 37,19 persen.

Dihentikannya perhitungan suara sementara atau real count KPU ini, atas surat rekomendasi dari Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya dengan Nomor :285/K.BAWASLU-JB-18-PM.00.02/XII/2020 tertanggal 10 Desember 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasik­malaya Dodi Juanda membenarkan pihaknya mengeluarkan surat rekomendasi kepada KPU agar menghentikan perhitungan suara sementara atau real count.

“Iya yang isinya menghentikan penayangan real count melalui media sosial KPU Kabupaten Tasikmalaya. Surat rekomendasi tersebut sudah ditindaklanjuti oleh KPU,” ungkap Dodi, kepada Radar, Jumat (11/12).

Menurut Dodi, pemberhentian penayangan perhitungan suara sementara atau real count oleh KPU dihentikan, karena tahapan pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kecamatan sudah mulai dilaksanakan.

“Jadi nanti setelah selesai tahapan pleno rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kecamatan atau PPK bisa dimasukan data riil-nya ke data KPU. Dan ketika nanti setelah naik ke pleno tingkat kabupaten baru secara resmi nanti disampaikan hasil akhirnya oleh KPU,” terang dia.

Terpisah, Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Data dan Informasi Ai Rochmawati menegaskan bahwa penghitungan sementara atau real count KPU sudah dihentikan.

“Iya sudah dihentikan, baik di media sosial seperti Instagram maupun Facebook KPU. Karena pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara di PPK atau kecamatan sudah dimulai Jumat (11/12) sampai Minggu (13/12),” tegas dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.