Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.2%

20.3%

8.1%

67.4%

KPU Kabupaten Tasik Siap Perbaiki Temuan Bawaslu Soal Coklit

148
0
MENGAWASI. Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya mengawasi coklit di wilayah Kecamatan Singaparna, belum lama ini

SINGAPARNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya siap memperbaiki semua temuan yang disampaikan oleh Bawaslu dalam proses pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap DP4 atau daftar pemilih potensial dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Temuan data pemilih yang sudah meninggal, pindah domisili dan lainnya yang masih tercantum sebagai pemilih diakui KPU masih dalam bentuk data mentah atau DP4.

Baca juga : Jalin Silaturahmi, Driver Ojol Tasikmalaya Bagikan 500 Nasi Box

Belum menjadi daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih tetap (DPT).

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Kabupaten Tasikmalaya Istianah menjelaskan bahwa yang bermasalah bukan daftar pemilih tetap (DPT) akan tetapi DP4 atau daftar potensial pemilih mentah yang KPU terima dari Kemendagri.

“DP4 ini yang di-coklit untuk bahan menentukan DPT, jadi prosesnya masih panjang. Sebelum DPT itu daftar pemilih sementara (DPS), DPS ini nanti diumumkan kepada masyarakat sebanyak dua kali, masyarakat dimintai tanggapannya,” ujarnya kepada Radar, Jumat (7/ 8).

Kemudian, lanjut dia, setelah DPS tersebut sudah diumumkan dan mendapatkan tanggapan dari masyarakat baru diplenokan, kemudian setelah DPS ini kembali mendapatkan dua kali tanggapan masyarakat, hasil pleno ini naik menjadi daftar pemilih tetap (DPT).

Jadi selama 15 Juli-13 Agustus proses pencoklitan oleh PPDP, terang dia, semua data DP4 mentah ini akan diperbaiki dan dievaluasi supaya sesuai data yang di lapangan sampai menjadi DPT yang sah.

Dia mengatakan, bahwa memang benar data DP4 yang disampaikan Bawaslu masih banyak permasalahan. Seperti yang meninggal, pindah domisili, data ganda dan lainnya.

Karena memang data DP4 ini diterima KPU dalam bentuk mentah dari Kemendagri, yang harus di-coklit.

“Iya karena DP4 ini adalah data mentah, ya artinya setelah diverifikasi di Pemilu 2019 muncul lagi datanya sekarang. Makanya harus di-coklit kembali. Dan kita menyinkronisasikan DP4 ini dengan data pemilih pada Pemilu 2019 lalu,” jelas dia.

Pada intinya, tambah dia, dengan sisa waktu enam hari ke depan akan dimanfaatkan KPU untuk melakukan perbaikan administrasi dalam proses coklit ini sampai 13 Agustus nanti untuk menjadi DPT yang valid.

“Memang sudah tugas kita memperbaiki administrasi dalam proses pencoklitan daftar pemilih untuk di Pilkada Tasik. Mencocokkan dan meneliti data apakah betul DP4 yang diturunkan oleh Kemendagri ini sesuai. Setelah selesai maka akan disusun sampai menjadi DPT,” tambah dia.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Ai Rochmawati menambahkan soal Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) yang menjadi temuan Bawaslu, di Kecamatan Mangunreja permasalahannya sudah selesai tidak ada masalah, sesuai laporan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mangunreja.

“Mengenai PPDP di Kecamatan Mangunreja sudah clear. Jadi tidak ada masalah. Dan PPDP bekerja sesuai panduan dan PKPU dalam melakukan pencoklitan,” terang dia.

Termasuk, Ai menambahkan untuk masalah PPDP juga terjadi di Kecamatan Padakembang. Petugas coklitnya sudah diganti karena terindikasi masuk dalam dukungan terhadap bakal calon perseorangan.

“PPDP tersebut terbukti dan sudah digantikan atau diberhentikan oleh KPU, jadi sudah selesai permasalahannya,” kata dia.

Baca juga : Nenek Warga Indihiang Kota Tasik Sakit dan Tinggal di Rumah Kumuh, Alhamdulillah Ada Perhatian Pemkot..

Koordinator Divisi Pencegahan, Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Azis Firdaus menambahkan, pihaknya akan terus memantau proses perbaikan dan coklit sampai selesai dan ditetapkan menjadi DPT.

“Bawaslu ada rencana kegiatan gerakan mencari rumah pemilih yang belum di-coklit di akhir waktu coklit sampai tanggal 13 Agustus 2020 dengan mengambil basis data per desa. Hal itu untuk memastikan semua warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih sudah dilakukan coklit oleh PPDP,” ujarnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.