KPU Kabupaten Tasik Terima Surat Suara, Langsung Lakukan Ini..

88
0
LOGISTIK. Surat suara untuk Pilkada 2020 sudah diterima oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya dan akan segera disortir serta lipat, Jumat (13/11). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

SINGAPARNA – Sebanyak 1.368.156 lembar surat suara untuk pemungutan suara di Pilkada 2020 sudah diterima KPU Kabupaten Tasikmalaya dari Perusahaan Percetakan Gramedia, Rancaekek Bandung, Jumat (13/11).

Rencananya surat suara tersebut akan melalui proses penyortiran dan pelipatan sambil KPU menunggu pedoman atau peraturan teknis (Pertek) cara sortir dan lipat di tengah pandemi Covid-19 ini sesuai protokol kesehatan.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Istianah MAg mengatakan, KPU secara keseluruhan menerima distribusi logistik surat suara sebanyak 1.368.156 lembar.

“Perhitungan surat suaranya adalah sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 1.332.978 plus 2 persen surat suara cadangan jika ada yang rusak ditambah 2.000 ribu surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU). Jadi total surat suara yang kita terima 1.368.156,” terang Istianah kepada wartawan di Kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut dia, untuk teknis penyortiran dan pelipatan surat suaranya KPU masih menunggu peraturan teknis (Pertek) atau pedomannya. Saat ini oleh Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin yang sekaligus ketua Bidang Logistik tengah mengikuti bimbingan teknis logistik di Bandung.

“Setelah nanti keluar pedoman teknisnya, lalu akan dibahas di KPU untuk teknis sortir lipatnya. Untuk tempat penyortiran dan pelipatan nya sudah disiapkan gudang di kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya,” terang Ai.

Termasuk, tambah dia, KPU juga sudah menyiapkan surat suara khusus bagi pemilih dari kalangan penyandang difabel berupa template agar dapat menyalurkan hak pilihnya pada pemungutan suara 9 Desember nanti.

Loading...

“Intinya kita pastikan ketersediaan logistik baik kotak, bilik dan surat suara terpenuhi dan aman sampai disalurkan ke kecamatan dan TPS untuk pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember,” ujar dia.

Dia menambahkan, untuk sementara ini karena belum disortir dan dilakukan pelipatan belum ditemukan surat suara rusak atau salah cetak. “Mudah-mudahan tidak ada, kalaupun ada sudah ada cadangan surat suara, ketika ada kekurangan kita usulkan lagi ke KPU provinsi dan pusat,” ujarnya.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Jajang Jamaludin SAg menambahkan, logistik surat surat untuk Pilkada Tasik ini diterima KPU dari perusahaan percetakan Gramedia Rancaekek, Bandung.

Menurutnya, untuk pendistribusian logistik ke TPS baik surat, kotak dan bilik suara ditargetkan bisa selesai akhir November ini. Lima atau tiga hari sebelum hari pencoblosan pada 9 Desember nanti.

“Namun untuk surat suara kita tidak distribusikan dulu, karena harus melalui sortir, pelipatan dan packing dan sudah disiapkan tempat di Gudang di Kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya. Jadi kita distribusikan dulu kotak dan bilik suara ke gudang di setiap kecamatan,” jelas dia.

Adapun petugas sortir dan lipat surat suara, kata dia, KPU akan menugaskan petugas dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di setiap kecamatan ada perwakilan. Dengan diatur teknisnya agar tetap sesuai protokol kesehatan, tidak berkerumun.

Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum, Humas dan Datin Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Abduh mengatakan, dari hasil pengawasan surat suara diterima KPU secara kasat mata belum ditemukan adanya kerusakan atau kesalahan cetak karena belum di sortir dan lipat.

“Kalau untuk sementara ini memang ada beberapa dus surat suara yang pinggirnya sobek atau lecet. Namun kita belum tahu di dalamnya surat suara rusak atau salah cetak, karena di dalamnya masih terlindungi lagi ada plastik dan di-packing,” terang dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.