Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.4%

83.5%

5%

0.5%

9.5%

KPU Kabupaten Tasikmalaya Sowan ke Parpol

59
0
SOSIALISASI. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya sowan ke partai politik untuk menyampaikan tahapan Pilkada 2020, Kamis (7/11).

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya mendatangi pengurus partai politik (parpol) untuk menyampaikan tahapan pelaksanaan Pilkada 2020, Kamis (7/11). Termasuk menjelaskan soal syarat dukungan untuk mengusung pasangan calon.

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Tasikmalaya Fahrudin SAG mengatakan, pihaknya sowan ke partai-partai untuk menyampaikan tahapan pilkada. “Kita sudah bertemu langsung dengan Gerindra, PKB, PKS dan PDI Perjuangan. Selanjutnya kita akan ke PPP, Demokrat, Golkar dan PAN, terakhir ke calon independen Cep Zamzam,” ujarnya kepada Radar, Kamis (7/11).

Kata dia, pihaknya menyampaikan keputusan KPU Kabupaten Tasikmalaya tentang rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 sebagai dasar penghitungan jumlah minimum dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan pada Pilkada 2020.

Lanjut dia, jumlah minimal dukungan untuk pasangan calon perseorangan pada Pilkada 2020 sebanyak 88.820 orang atau 6,5 persen dari jumlah DPT Pemilu 2019 1.366.465. “Dukungannya dalam bentuk surat yang disertai dengan fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan yang menerangkan bahwa penduduk tersebut berdomisili di wilayah administrasi yang sedang menyelenggarakan pemilihan paling singkat satu tahun dan tercantum dalam DPT.

Kemudian, kata dia, jumlah dukungannya pun harus tersebar sebanyak 50 persen di 39 kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya atau sebanyak 20 kecamatan untuk syarat dukungan calon perseorangan.

“Kita juga sampaikan syarat dukungan minimal bagi calon dari parpol itu 20 persen jumlah kursi di parlemen atau 10 kursi minimal di DPRD,” ujarnya, menambahkan.

Sekretaris DPD PKS Kabupaten Tasikmalaya Dedi Kurniawan ST MM mengatakan, pihaknya mengapresiasi kedatangan KPU yang menyerahkan berkas tahapan pilkada dan sosialisasi soal syarat dukungan pasangan calon. “Iya, secara normatif kita sudah pahami semua tahapan dan syarat dukungan,” ujar dia.(dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.