KPU Kembalikan Rp 4,4 Miliar

9

CIAMIS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengembalikan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ciamis 2018 ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis sebesar Rp 4,4 miliar dari total Rp 26,6 miliar. Pengembalian ini hasil upaya KPU Ciamis melakukan efisiensi anggaran.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis Kikim Tarkim SAg MSi menjelaskan efisiensi itu terjadi salah satunya karena pada Pilkada Ciamis itu hanya ada dua pasangan calon (paslon).

Sedangkan proyeksi awalnya sekitar empat paslon. Dengan begini, alat peraga yang diperkirakan untuk empat paslon menjadi dua saja. “Banyak hal lain yang menjadi efisiensi anggaran,” terang Kikim kepada Radar, Minggu (7/10).

Pengelolaan anggaran pilkada itu merupakan tanggung jawab KPU. Maka dari itu, lembaga ini berupaya berhemat yang sesuai dengan prosedur dan peraturan. “Kami sudah melakukan tahapan yang diatur dalam perautan yang kami laksanakan dengan baik,” papar Kikim.

Demikian pula pada pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) Ciamis, KPU akan menjalankan prosedur dan aturan dengan baik. Anggaran yang digelontorkan pemerintah akan dipakai sesuai dengan porsi kebutuhan berdasar pada regulasi.

“Kami ingin diketahui bahwa KPU Ciamis selalu transparan dalam penggunaan anggaran. Bila memang ada sisa seperti pilkada juga kami kembalikan kepada kas daerah pemerintah Ciamis,” jelas Kikim. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.