KPU Khawatir Sinyal Down Saat Input Data

20
SIMULASI. KPU Kabupaten Pangandaran melaksanakan simulasi rekapitulasi penghitungan surat suara kemarin.

PANGANDARAN – Salah satu hal yang paling krusial saat pelaksanaan pemungutan suara pemilu 2019 yakni ketersedian pasokan listrik dan jaringan internet. Untuk itu, PLN Rayon Pangandaran memastikan pasokan listrik aman.

Manager PLN Rayon Pangandaran Alif Aji Suseno menjamin pasokan listirik di Pangandaran aman saat pencoblosan dan penghitungan suara berlangsung.

”Jaminan pasokan listrik menghadapi hari H pemilu 2019, merupakan perintah langsung dari direksi dari tingkat pusat,” ungkapnya kepada wartawan Sabtu (13/4).

Menurutnya, ketersediaan listrik sangatlah vital dalam menyukseskan jalanbya pemungutan dan penghitungan suara. ”Karena untuk rekapitulasi suara sendiri, yang dimungkinkan hingga malam hari,” tuturnya.

Untuk pasokan dan jaringan listrik sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, sehingga risiko pemadaman kecil kemungkinan terjadi. ”Kecuali dari faktor alam, jika ada bencana alam atau sebagainya,” jelasnya.

Mereka rutin melakukan patroli menjelang hari H pencoblosan, pepohonan yang dianggap membahayakan jaringan listrik, akan dipangkas sedikit demi sedikit. ”Untuk daya listrik di KPU, ada generataor 11 kVA (kilovolt ampere),” ujarnya.

Dia menambahakan jika ada TPS yang membutuhkan pasokan atau tambahan daya listrik, bisa menghubungi langsung PLN Rayon Pangandaran. ”Bisa langsung ajukan,” ucapnya.

Komisioner KPU Kabupaten Pangan­daran Maskuri mengatakan selain listrik, mereka menghawatirkan terjadinya down sinyal saat proses input data.

”Tapi kita sudah berkoordinasi dengan salah satu provider, agar diusahakan tidak terjadi gangguan saat proses rekap berlangsung,” ucapnya. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.