KPU Kota Banjar Berkolaborasi untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

30
0
ANTIKORUPSI. Pelajar membubuhkan tanda tangan mendukung antikorupsi untuk pemilu bersih Senin (10/12). (Anto Sugiarto / radartasikmalaya.com)
Loading...

BANJAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar memiliki cara unik meningkatkan pemilih pada Pemilu 2019, khususnya untuk para pemilih pemula.

Lembaga penyelenggara Pemilu itu menggelar panggung sajak dan teater serta kolaborasi literasi antikorupsi di gedung Banjar Convention Hall Senin (10/12). Kegiatan itu diikuti ratusan pelajar SMA/SMK.

”Kegiatan ini dalam rangka menyosialisasikan Pemilu dalam kemasan berbeda dan keunikan tersendiri dalam menarik pemilih pemula, yaitu dengan kolaborasi literasi budaya, literasi antikorupsi dan literasi demokrasi. Supaya mereka paham dengan demokrasi serta mampu meningkatkan angka partisipasi pemilih,” ujar Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis SPd I kepada wartawan seusai deklarasi.

Memberikan pemahaman demokrasi kepada pemilih pemula sangat penting. Karena mereka ikut menentukan nasib bangsa ke depan dengan cara memilih.

”Kita punya harapan besar kepada pemilih pemula, karena lebih mengedepankan idealisme, harus menjadi pionir pemilih rasional,” tuturnya.

Loading...

Pemilih pemula juga harus menjadi pemilih cerdas dan rasional sehingga bisa menghasilkan pemimpin bangsa Indonesia yang berkualitas untuk kemajuan dan menyejahterakan masyarakat.

”Kita ajak para pelajar Banjar deklarasi anti korupsi dengan menandatangani baliho putih dengan tujuan untuk menanamkan dan mencegah korupsi sejak dini serta mewujudkan pemilu yang bersih,” ungkapnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Banjar Gunadi SH MH mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan KPU yang berkolaborasi di acara literasi antikorupsi.

Terlebih, terlibat banyak para pelajar. Besar harapan mereka bisa diajak untuk mencegah korupsi sejak dini, dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan masyarakat.

”Tujuan utama kita melakukan pencegahan, kalau sudah dicegah tentunya tidak akan terjadi kasus, baik korupsi atau kasus lainnya,” singkatnya.

Bapak Literasi Kota Banjar Sofian Munawar mengharapkan minat baca masyarakat, terselenggara pemilu bersih dan negeri ini bebas dari praktik korupsi.

”Untuk mewujudkan itu semua harus saling bersinergi elemen yang satu dengan yang lainnya,” harapnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.