Dinas Capilduk: Tak Ada Pemilih dari Luar Banjar

KPU Mencoret 189 DPT

3
DEKLARASI. Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis melakukan penandatanganan Naskah Deklarasi Bersama Forum Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih. Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan penetapan DPT Pemilu tahun 2019 Kota Banjar. (Anto Sugiarto / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BANJAR – Setelah melalui pengecekan ulang, sebanyak 533 daftar pemilih tetap (DPT) yang awalnya disinyalir bukan warga Kota Banjar ternyata merupakan warga Kota Banjar.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT Pemilu 2019 di kantor KPU Kota Banjar.

“Masalah itu sudah clear saat dijelaskan pihak Dinas Capilduk Kota Banjar,” ujar Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Muhklis SPdI kepada wartawan Kamis (13/9).

Kata Danial, saat dilakukan pengecekan ulang teridentifikasi sebanyak 400 lebih merupakan warga Banjar dan 53 orang lagi warga binaan Lapas asli warga Banjar. Sedangkan sisanya pindah dan meninggal dunia.

Dia menjelaskan rapat pleno juga menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu Kota Banjar yang menemukan adanya DPT ganda sebanyak 146 orang.

“KPU melalui PPK dan PPS langsung terjun ke lapangan untuk memverifikasi secara faktual terhadap orang-orang yang teridentifikasi ganda dalam DPT. Dan dari hasil verifikasi sebanyak 73 orang dihapus dari DPT,” jelasnya.

Lanjut Danial, KPU juga melakukan pemutakhiran data menyusul adanya pemilih-pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) karena meninggal dunia sebanyak 169 orang. Namun ada pemilih baru sebanyak 53 orang.

“Sehingga secara otomatis juga berdampak pada perubahan jumlah DPT. Yang sebelumnya dari 146.288 menjadi 146.099 pemilih,” terangnya.

Sementara itu, dalam rapat pleno yang dihadiri Bawaslu Kota Banjar, unsur Forkopimda, seluruh partai politik, Dinas Capilduk, DPMPKesbanpol, Komisioner KPU dan PPK itu juga dilaksanakan penandatanganan Naskah Deklarasi Bersama Forum Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih.

Isinya komitmen bersama untuk menghadirkan DPT Pemilu yang berkualitas.

Kasi Pindah Datang dan Pendataan Penduduk Dinas Capilduk Kota Banjar Iwan Kustiawan mengatakan setelah dilakukan pencermatan dan pengecekan ulang ternyata sebanyak 533 DPT memang warga Kota Banjar. Tidak ada DPT dari luar Banjar.

“Saat dicek kemarin saat rakor situs Capilduk sedang offline sehingga data yang diinginkan tidak muncul. Namun tadi (kemarin, Red) sudah clear,” ungkapnya. (nto)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.