KPU Pangandaran Tunggu Sidang Lanjutan

35
0
Muhtadin Ketua KPU Kabupaten Pangandaran
Loading...

PANGANDARAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran sebagai termohon dalam sengketa Pilkada Pangandaran 2020 kini tengah menunggu pemanggilan kembali oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin mengatakan pasca agenda mendengarkan jawaban dari termohon (KPU), agenda selanjutnya adalah pemeriksaan terhadap alat bukti.

“Namun kami masih menunggu jadwalnya,” katanya Senin (8/2/2021).

Selain itu, agenda selanjutnya adalah Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) Konstitusi. “Kemudian hasilnya akan disampaikan oleh kepaniteraan di MK, majelis hakim menjelaskan seperti itu,” tuturnya.

Muhtadin menuturkan tiga materi gugatan yang diangkat pemohon adalah masalah di wilayah Kecamatan Mangunjaya. Bawaslu sempat merekomendasikan pemungutan suara ulang akibat dari kotak suara yang ditemukan dalam keadaan tidak terkunci.

loading...

“Kemudian KPU memberikan penjelasan, salah satunya dengan menyatakan tidak ada selisih suara. Masalah itu sudah clear setelah kami memberikan penjelasan kepada pihak Bawaslu,” tuturnya.

Materi kedua, kata dia, menyangkut soal kejadian KPPS TPS 1 Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran yang berangkat sendiri untuk memungut suara di RSUD Pandega. “Saksi dan pengawas TPS tidak ikut dengan alasan takut tertular penyakit kalau masuk ke RSUD. Masalah itu juga sudah clear, terbukti tidak ada pelanggaran,” ujarnya.

Untuk materi gugatan ketiga, kata Muhtadin, soal kelebihan surat suara. Hal ini juga menurutnya sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.