Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

2.8%

19.1%

7.1%

71%

KPU Pastikan Mantan Napi Bisa Ikut Pilkada

241
0
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut Hilwan Fanaqi

TAROGONG KIDUL – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut Hilwan Fanaqi menegaskan bahwa mantan narapidana yang sudah bebas murni bisa menjadi calon bupati atau wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Garut 2018. Hal itu berdasarkan undang-undang yang berlaku.
“Itu (calon dari mantan narapidana, Red) sah dan berhak mengikuti pilkada karena sudah dilindungi oleh undang-undang konstitusi,” ujarnya kepada wartawan Senin (9/10). “Sepanjang bersangkutan atau bakal calon sudah bebas murni, bukan bebas bersyarat,” tambahnya.
Hilwan menuturkan Kabupaten Garut pada 2018 akan menggelar pemilihan bupati dan wakil bupati bersamaan dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat. KPU Garut, kata dia, sudah melakukan sosialisasi seperti persyaratan bakal calon dari perseorangan maupun diusung partai politik termasuk bakal calon bupati dari mantan narapidana.
Salah satu Bakal Calon Bupati Garut Agus Supriadi menyatakan siap maju pada Pilkada Garut. “Saya sudah siap kembali maju di Pilkada nanti. Mengenai kasus korupsi yang pernah menjerat saya, itu dikembalikan kepada masyarakat yang memilih,” ujarnya kepada Rakyat Garut, belum lama ini.
Dirinya mengaku kembali maju di Pilkada Garut bukan karena ambisinya untuk kembali menjabat kepala daerah, tetapi saat ini dirinya diminta oleh masyarakat. “Saya tidak ambisi, ini karena murni keinginan masyarakat,” terang dia.Dengan adanya dorongan tersebut, lanjut dia, dirinya yakin kasus korupsi yang menjeratnya dulu tidak menjadi masalah.
“Saya juga tidak takut kalau kasus korupsi ini dijadikan black campaign (kampanye hitam) oleh lawan politik karena masyarakat sudah bisa menilai sendiri,” paparnya.
Dedi, tim sukses Agus Supriadi mengatakan pencalonan kembali Agus Supriadi itu karena diyakini akan mampu membangun Garut yang lebih baik. “Kami yakin Pak Agus bisa kembali membangun Kabupaten Garut ke depan,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.