KPU : Rekapitulasi Penghitungan Suara Menyita Waktu

43

PANGANDARAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran melakukan simulasi dan bimbingan teknis rekapitulasi penghitungan surat suara Pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin mengatakan proses rekapilusai penghitungan surat suara hanya terkendala soal waktu saja.

”Jadi rekapitulasi ini ternyata sangat menyita waktu yang sangat panjang, satu TPS bisa sampai satu setengah jam,” ungkapnya kepada Radar saat ditemui di salah satu hotel Sabtu (13/4).

Menurut dia, banyaknya pilihan dalam pemilu kali ini, menjadi salah satu faktor lamanya proses rekapitulasi penghitungan surat suara. Dia menilai satu kotak surat suara bisa menghabiskan waktu hingga 17 menit. ”Itu paling singkat, nah jika dikalikan lima, berarti sudah 85 menit,” terangnya.

Untuk satu desa sendiri, kata dia, jumlah TPS mencapai 10-20 TPS. “Sehingga bisa dibayangkan lamanya proses rekapitulasi. Satu desa bisa lebih dari satu hari, tapi kan proses rekap sendiri sifatnya paralel,” jelasnya.

Jadwal rekapitulasi penghitungan surat suara tersebut, tambah dia, akan dilaksanakan hingga 4 Mei 2019. ”Waktunya memang cukup panjang, tapi tetap harus dikebut,” ujarnya.

Untuk mempercepat waktu, para petugas PPK akan dibagi menjadi empat kelompok dalam melakukan proses rekap.

”Jadi waktu bisa dipangkas lebih pendek, kalau petugasnya dipecah dan tadi kita sudah simulasikan,” jelasnya.

Selain itu, untuk masalah kekurangan surat suara yang mencapai 1.447 lembar, pihaknya akan melakukan jemput bola.

”Kekurangan memang sudah diajukan, tapi kita belum menerimanya, untuk itu petugas kita meluncur hari ini mengambilnya ke Jakarta,” tuturnya. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.