Kreatif dan Unggul Bikin Mading

40
0

TASIK – SMP IT At Taufiq Al Islamy Kota Tasikmalaya berhasil meraih juara I lomba majalah dinding (mading) se Priangan Timur pada lomba yang dilaksanakan di Al Muttaqin beberapa waktu lalu.

Kepala SMP IT At Taufiq Al Islamy Masduki Rahmad SPdI menuturkan, prestasi tersebut adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya pada tahun 2015 sekolahnya juga meraih juara I di cabang lomba serupa. “Kita bangga bisa menang di lomba mading dan Tahfidz Quran,” katanya kepada Radar kemarin (22/2).

Ia mengatakan, mading di sekolahnya adalah bentuk kreativitas siswa yang diterbitkan setiap hari Minggu. Isinya menampung karya dan aspirasi siswa.

Masduki menuturkan, di sekolahnya siswa diwajibkan untuk membuat tulisan dengan tema bebas. Kegiatan itu secara tidak langsung melatih siswa untuk gemar menulis dan meningkatkan minat baca.

“Setelah siswa menulis, kemudian tulisan ditempel di mading dan semua santri yang ada di sekolah harus membacanya sehingga ada motivasi bagi siswa untuk terus menulis,” ujarnya.  Isi madingnya ada puisi, cerpen, berita terhangat di sekolah atau trending topik.

Dia berharap dengan adanya mading tersebut maka siswanya lebih peka terhadap perkembangan informasi dan mading bisa jadi sarana dakwah.

Rahma Danya salah satu pengurus mading mengatakan bahwa mading hasil kreasinya memadukan barang limbah sebagai ornamennya, sehingga lebih kreatif dan unik. “Kita pakai limbah serbuk gergaji yang diberi warna-warni kemudian dipakai sebagai hiasan pada dinding mading,” katanya.

Dalam mengelola mading, Rahma dibantu oleh rekannya Salwa R, Hana M dan Hanifah. “Salah satu sumber informasi untuk mading kami yakni koran Radar Tasikmalaya,” pungkasnya. (ais)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.