Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.2%

2.3%

54%

6.8%

0.7%

12.9%

0%

23.1%

0%

Kualitas Telur Lebih Baik, Peternak Ayam Merasakan Program dari Bank Indonesia

42
0
BERI PAKAN. Salah satu pengurus ayam petelur memberikan pakan di salah satu kandang di Cigembot Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis.  RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Koperasi Produsen Peternak Ayam Petelur Ciamis baru bisa memenuhi sebanyak 40 persen kebutuhan telur ayam untuk dikonsumsi masyarakat setiap harinya. Artinya, masih ada sekitar 60 persen lagi kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi di Jawa Barat.

“Saat ini masih mengandalkan dari luar Jawa, seperti dari daerah Blitar,” ujar  Ketua Koperasi Produsen Peternak Ayam Petelur Ciamis H Kusnadi Jumat (29/11).

Kusnadi mengatakan saat ini populasi ayam petelur mencapai sekitar 1,3 juta ekor. Setiap harinya, menghasilkan sebanyak 45 hingga 48 ton telur. Sebanyak 23 ton untuk memenuhi kebutuhan wilayah Kabupaten Ciamis, sisanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Pangandaran, Kota Banjar, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya serta Kabupaten Garut. “Sebetulnya potensi pengembangan ayam petelur masih terbuka dan potensi PAD sangat besar jika pemerintah mau mengelola dengan baik,” katanya.

Kusnadi menyebutkan dalam mengembangkan produksi ayam petelur, pihaknya telah bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya. Dia pun berterima kasih kepada BI yang teleh memberikan berbagai program yang membantu peternak, seperti cara membuat pakan murah, pelatihan membuat pakan fermentasi dan memberi bantuan mesin pencampur pakan.

Selain itu, BI juga telah memberikan bantuan berupa alat penstabil suhu kandang di saat cuaca panas dengan sistim spray kandang atau salju kandang. “Semua yang telah diberikan oleh BI sudah dirasakan oleh para peternak ayam petelur. Kematian ayam berkurang dan kualitas telur lebih baik,” ucapnya.

Dia memiliki target agar telur Ciamis bisa memenuhi kebutuhan telur di Jawa Barat. Kusnadi pun ingin menjual telur dengan harga yang lebih murah dari harga pasar, sehingga harga telur tetap stabil. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.