Kuatkan Karakter dengan Seminar Nasional

245
0
SAMPAIKAN. Melly Kiong, salah satu pemateri Seminar Nasional Gebyar Pendidikan Luar Sekolah menyampaikan materi kepada para peserta di Gedung Mandala Unsil Rabu (1/11). foto: Radar Tasikmalaya TV

TASIK – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Siliwangi (Himadiklus Unsil) Tasikmalaya, melaksanakan seminar nasional Gebyar Pendidikan Luar Sekolah di Gedung Mandala Unsil Rabu (1/11). Seminar nasional itu untuk memberikan sumbangsih kinerja soal penguatan karakter di pendidikan formal, nonformal dan informal.
Ketua Pelaksana Seminar Nasional Gebyar Pendidikan Luar Sekolah Mutiara Santi mengatakan seminar nasional tersebut dihadiri peserta dari berbagai lembaga. Diantaranya dari lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), tutor Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), lembaga kursus dan pelatihan (LKP), mahasiswa Unsil, mahasiswa dari Universitas Singaperbangsa Karawang, guru dari pendidikan formal seperti MTs di Tasikmalaya dan lainnya.
“Jadi tujuan dari seminar nasional ini adalah di mana kita sebagai calon ibu dan tenaga pendidik selain ada kajian penelitian juga ada praktisinya terkait bagaimana nanti saat terjun di masyarakat, agar bisa memberikan sumbangsih kinerja kita mengenai penguatan karakter baik itu dalam pendidikan formal, nonformal dan informal. Sehingga sangat penting adanya penyegaran informasi dan pengetahuan dari ahlinya,” terang Mutiara, kemarin (1/11).
Dalam kegiatan tersebut, narasumber, Prof Dr H Mustofa Kamil MPd (Rektor di UNIS Tangerang dan juga asesor BAN PT serta peneliti JICA dan guru besar di UPI Bandung) menyampaikan materi terkait penguatan pendidikan karakter di pendidikan formal dan nonformal. Pembicara lainnnya, Melly Kiong, penulis buku parenting dan terpilih sebagai salah satu wanita inspirasi menyampaikan materi tentang Parenating di Era Milineum dan talk show mengenai Muda Berkarakter dan Muda Menginspirasi bersama Kidung Paramadita, runner up 3 Miss Indonesia 2016.
“Kami berharap melalui seminar nasional Gebyar Pendidikan Luar Sekolah ini bisa memberikan pencerahan dan pengetahuan baru tentang bagaimana pendidikan karakter tersebut sehingga memaksimalkan peran kita di masyarakat maupuan dunia pendidikan. Kita juga dalam kegiatan ini melakukan deklarasi perubahan nama jurusan dari Pendidikan Luar Sekolah (PLS) menjadi pendidikan Non Formal (PNF). Semoga ini menambah semangat untuk terus berkarya,” ujarnya.
Prof Dr H Mustofa Kamil MPd menuturkan bahwa nilai-nilai yang ada dalam bentuk perilaku merupakan sebuah proses pembelajaran dalam kehidupan. Segala macam bentuk dan segala hal gerakan yang dilakukan adalah sebagai teladan dan orang yang bertanggung jawab terhadap nilai nilai tersebut. (ais)

Video Pilihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.