KUD Minasari Sumbang PAD Terbesar 2018

286
0
NANA SURYANA / RADAR TASIKMALAYA HASIL TANGKAPAN. Nelayan membawa hasil tangkapannya di Pelabuhan Cikidang Pangandaran Kamis (4/1).

PANGANDARAN – Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor Perikanan di Kabupaten Pangandaran 2017 mencapai 100,03% dari target PAD sebesar Rp 2,4 miliar. KUD Minasari sebagai pengelola TPI Pangandaran menjadi penyumbang terbesar PAD dengan menghasilkan 54,85 persen.

Sekretaris KUD Minasari Pangandaran Datam Sutarjo mengatakan PAD sektor perikanan tahun 2017 mencapai Rp 2.400.770.758. “Alhamdulillah tahun 2017 kita bisa melampaui target, ini pencapaian luar biasa karena tahun 2016 kita tidak mampu mencapai target,” ungkapnya.

Dikatakannya, pencapaian PAD tersebut menandakan aktivitas perikanan di Pangandaran mengalami peningkatan. “Transaksi jual beli hasil perikanan semakin meningkat di TPI Kami juga mengimbau seluruh nelayan untuk menjual hasil tangkapannya di TPI sehingga memberikan kontribusi terhadap PAD,” ujarnya.

Selain menyumbangkan PAD, nelayan yang bertransaksi di TPI juga akan mendapatkan dana sosial, dana hari tua, dana paceklik serta dana simpanan.

Di Kabupaten Pangandaran, ada 7 Koperasi Mina yang mengelola TPI di Pangandaran, Bojongsalawe, Nusawiru, Batukaras, Madasari, Legok Jawa dan Muara Gatah. Dari ketujuh koperasi tersebut, total nilai transaksi perikanan mencapai Rp 68,9 miliar. “Sebanyak 37,6 miliar dihasilkan di TPI Pangandaran yang dikelola KUD Minasari,” ujarnya.

Datam menjelaskan, retribusi untuk PAD di TPI yakni sebenar 3,5 % dari hasil transaksi nelayan. Aturan tersebut sesuai dengan Perda No. 38 Tahun 2016 dan Perbup No. 2 Tahun 2017.

Ia menambahkan, aktivitas nelayan di Pangandaran juga masih dipengaruhi faktor cuaca sehingga nelayan kerap libur melayt saat kondisi cuaca buruk. “Seperti tahun 2016 raman kita tidak stabil karena masa paceklik nelayan dan cuaca buruk,” ungkapnya. (nay)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.