Kuliah Ta’aruf Tanamkan Jiwa Nasionalis

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya Tasikmalaya menggelar kuliah taaruf di Gedung Serbaguna Sukriya Bakti Latifah Jumat (7/9). Tujuan kuliah ta’aruf tersebut guna memperkenalkan budaya akademik dan budaya etik kepada mahasiswa baru.

Ketua Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAILM Suryalaya Nana Suryana SAg MPd mengatakan, kuliah taaruf tersebut diikuti oleh 278 mahasiswa baru dari semua jurusan. Dalam kuliah taaruf ini mahasiswa dikenalkan budaya akademik dan tata cara beretika yang baik saat mengikuti pendidikan di IAILM Suryalaya. “Lebih memperkenalkan kampus dan segala peraturannya,” katanya kepada Radar, Jumat (7/9).

Menurut dia, kuliah ta’aruf ini sebagai pintu gerbang untuk melahirkan mahasiswa yang berjiwa sufistik dan nasionalis. “Karena pendidikan di IAILM bukan hanya disiapkan sarana fisiknya saja tetapi juga sarana spiritual,” jelasnya.

Nana berharap, IAILM bisa mencetak calon cendekiawan yang berjiwa sufistik dan nasionalis. “Mudah-mudahan jiwa nasionalis tertanam pada mahasiswa baru ini,” tandasnya

Mahasiswa IAILM Suryalaya asal Thailand Muhamad Lafe mengatakan, melalui kuliah ta’aruf ini ia bisa lebih mengenal budaya akademik IAILM dan budaya Indonesia.
“Insya Allah setelah sudah lulus dari IAILM ini saya akan mengembangkan pembinaan kepada masyarakat melalui metode Inabah,” ujar dia. (ujg)

loading...