Kunjungan Wisatawan Turun Akibat Hoax

248
0

PARIGI – Viralnya berita-berita hoax terkait bencana banjir dan longsor yang terjadi di Pangandaran beberapa waktu lalu berdampak terhadap menurunnya tingkat kunjungan wisatawan.
“Kunjungan wisatawan ke Pangandaran semakin menurun. Banyak gambar-gambar di medsos beredar, padahal itu kejadian bencana di luar Pangandaran. Seperti ada kejadian bencana di Sri Lanka. Itu kan hoax,” ungkap Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat menghadiri pameran bonsai di Toll gate Pangandaran kemarin (28/10).
Menurutnya, pengaruh media sosial sangat vital. Karenanya ia meminta warga Pangandaran tidak menyebarkan pemberitaan yang tidak jelas sumbernya. “Saya monitoring terus perkembangan jumlah kunjungan wisatawan, menurun hampir 50 persen akibat pemberitaan hoax. Padahal, bencana banjir dan longsor tidak sedahsyat seperti yang digambarkan di media-media sosial,” paparnya.
Asep (37), salah seorang pelaku wisata mengatakan informasi bencana banjir dan longsor dengan cepat menyebar sehingga banyak wisatawan khawatir datang ke Pangandaran. Dia juga mengaku banyak menerima konfirmasi dari wisatawan yerkait bencana yang terjadi. Padahal tempat wisata aman karena wilayah yang terkena banjir merupakan daerah langganan dan lokasi longsor juga jauh dari tempat wisata.
“(Akibatnya) sampai ada yang membatalkan kunjungan,” katanya. (nay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.