Kunjungi Peternakan, Latih Jiwa Entrepreneur

3

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Manbaul Ulum Tasikmalaya di Jalan Leuwianyar Sukamanah Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya melakukan outdoor class dengan mengunjungi peternakan sapi di Kampung Nagrog Indihiang Kota Tasikmalaya Rabu (12/9).

Pembimbing Outdoor Class Diat Ahadiat SPdI menuturkan, kegiatan tersebut bagian dari praktik pelajaran tematik. Kegiatan ini pun mencangkup beberapa pelajaran, di antaranya pelajaran Bahasa Indonesia di mana anak belajar untuk melakukan wawancara kepada pemilik peternakan. Kemudian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), IPS, IPA dan lainnya.

“Untuk pelajaran PKn anak jadi tahu dan faham betul tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab. Dimana dalam pengelolaan ternak ini membutuhkan kerjasama dengan pihak luar dan kekompakan tim. Untuk IPS, anak jadi tahu berbagai macam jenis kegiatan ekonomi masyarakat,” terang Diat.

Selain berkunjung ke tempat ternak sapi, tutur Diat, peserta didiknya kelas V yang berjumlah 47 orang ini berkunjung ke pabrik pembuatan tahu. Tujuannya untuk mengetahui proses pembuatan tahu dan manfaat dari kacang kedelai yang menjadi bagian dari pembelajaran IPA.

Lanjutnya, kegiatan ini pun secara tidak langsung memberikan motivasi pada anak untuk gemar minum susu dan makan tahu yang kaya gizi. Diat berharap, pengalaman mengunjungi peternakan dan pabrik ini menjadi motivasi peserta didik untuk menjadi entrepreneur.

Salah satu siswa Nail mengatakan, kunjungan ke tempat ternak sapi perah dan pabrik tahu merupakan pengalaman pertama baginya, sehingga banyak sekali pembelajaran yang diperoleh. (ais)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.