Kuota Jalur Prestasi Ditambah Jadi 15%

33

TASIK – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2019 sebagai perubahan atas Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Peraturan ini dikeluarkan terkait penyesuaian kuota penerimaan tiap jalur seleksi.

Melalui peraturan baru tersebut, diatur bahwa kuota jalur prestasi ditambah dari 5 persen menjadi 15 persen, jalur zonasi 90 persen menjadi 80 persen. Sedangkan jalur perpindahan orang tua tetap 5 persen.

Peraturan baru tersebut dikeluarkan karena beberapa daerah belum optimal melaksanakan peraturan PPDB zonasi 90 persen, sehingga Kemendikbud melakukan penyesuaian peraturan dengan kondisi di lapangan.

Hal itu terungkap dalam sosialisasi PPDB yang digelar Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya yang diikuti guru-guru SD dan SMP di Jalan Ir H Juanda Kompleks Perkantoran Disdik Kota Tasikmalaya Senin (24/6).

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Dr H Dadang Yudhistira SH MPd mengatakan, merujuk pada Permendikbud yang baru, terdapat penyesuaian kuota pada jalur prestasi. kuota jalur prestasi yang semula paling banyak 5 persen dari daya tampung sekolah, naik menjadi paling banyak 15 persen.

“Ini menjadi peluang bagi siswa-siswa berprestasi,” ujarnya. Adapun alur zonasi mengalami penyesuaian jumlah kuota penerimaan, dari yang semula berjumlah minimal 90 persen diperbaharui menjadi paling sedikit 80 persen dari daya tampung sekolah.

“Pada sistem PPDB online ini kita lebih jeli, karena dari koordinat domisili anak ke tempat sekolah sudah di data dari sekolah udah masuk ke sistem. Sehingga ketika mendaftar sudah terlihat biodata lengkap dan beserta nilai USBN. Calon peserta didik tinggal melengkapi persyaratan berkas lainnya yakni kartu keluarga, akta kelahiran dan lainnya,” ujar dia.

Ia melanjutkan, untuk kuota jalur perpindahan orang tua tidak mengalami penyesuaian alias tetap sama, yakni paling banyak 5 persen dari daya tampung sekolah.

Ia berharap, semua pihak bisa bersinergi dalam menyukseskan PPDB online ini. “Makanya hari ini (24/6) kita melaksanakan bimbingan teknis untuk guru-guru SD mengenai pendaftaran PPDB, serta sosialisasi mengenai verifikasi dan validasi PPDB online yang diikuti guru SMP,” kata dia. (mg1)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.