Kurang Greget Jika Hanya Teori, Pelajar SMAN 1 Cimaragas Kunjungi BNNK Ciamis

40
0

CIAMIS – Siswa-Siswi SMAN 1 Cimaragas Kabupaten Ciamis, berkunjung ke Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) yang bertempat di Jalan Mr. Iwa Kusumasumantri Blok 12 Kertasari Ciamis, Rabu 20 Maret 2019.

Menurut Yeni Nurbaeni, S.Pd., selaku Guru Mata pelajaran PPKn sekaligus pembimbing, tujuan kunjungan ini yang pertama sebagai ajang silahturahim, kedua untuk menambah khasanah keilmuan para pelajar.

“Jika para siswa siswi hanya mendapatkan teori saja di dalam ruang kegiatan belajar itu kurang “greget”, beda ketika siswa langsung terjun ke lapangan, mereka bisa melihat secara langsung apa yang dilakukan oleh BNN, serta menambah rasa bangga pada diri siswa,” ungkapnya.

Yeni menuturkan, jumlah peserta yang ikut dalam kunjungan sebanyak 72 orang dari kelas XI.

Kegiatan disesuaikan dengan materi tentang lembaga-lembaga yang ada, serta untuk Penguatan Pendidikan Karekter (PPK) siswa, sesuai dengan Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

“Harapannya para siswa bisa mengatahui dan memahami apa yang di sebut narkoba. Bahayanya seperti apa, serta mereka mampu menolak narkoba sekaligus mampu menyampaikan kembali informasi yang didapat tentang bahaya narkoba kepada teman dan lingkunganya masing-masing,” harapnya.

Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, S.H., mengaku bangga dengan kehadiran para siswa-siswi SMAN 1 Cimaragas. Terlebih adanya peran aktif dari pihak sekolah, berinisiatif melakukan kunjungan ke kantor BNNK Ciamis untuk mencari tahu informasi tentang bahaya narkoba.

“Mudah-mudahan SMAN 1 Cimaragas ini jadi yang pertama bisa mewujudkan Sekolah Bersinar (Bersih Narkoba).
Kedepannya BNNK Ciamis akan bersinergi melakukan upaya-upaya di bidang P4GN, salah satunya akan jalin kerjasama dengan pihak sekolah sekaligus akan dibentuk duta dan satgas anti narkoba di sekolah. Semoga ini bisa menjai contoh bagi sekolah lainnya, khusus yang ada di Wilayah Kabupaten Ciamis,” papar Yaya.

Sementara menurut Nizar, siswa kelas XI MIPA 2, pihaknya merasa bersyukur setelah berkunjung ke kantor BNNK Ciamis, mendapatkan sosialisasi tentang bahaya narkoba.

“Kami pun mendapat penjelasan dan informasi dari tiap seksi yang ada di BNNK Ciamis terkait tugas dan fungsinya masing-masing. Harapannya kepada para generasi emas, generasi milenial kita harus berupaya untuk menghindari narkoba, supaya masa depan lebih cerah,” ungkap Nizar. [rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.