Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.8%

8.9%

2.5%

26.4%

2.6%

50.1%

0.1%

8.8%

0%

Kurang Latihan, Nadal Keok

9
0
Rafael Nadal

LONDON – Kekalahan di laga awal ATP Finals 2019 cukup menyakitkan bagi Rafael Nadal. Petenis putra nomor satu dunia itu harus mengakui lawan sulit ditaklukkan di O2 Arena, London, Selasa, 12 November.

Nadal juga mengakui dirinya kurang latihan, usai pulih dari cedera. Alhasil, di laga pertama fase grup, sang juara bertahan Alexander Zverev memanfaatkan kondisi tersebut. Sehari sebelumnya, petenis nomor tiga dunia, Roger Federer juga kalah di awal laga.

Nadal seolah tidak mampu menemukan cara untuk mematahkan servis petenis yang akrab disapa Sascha itu. Justru sejumlah kesalahan malah mengalir dari raketnya. “Sejujurnya, Sascha (Zverev) bermain dengan baik dan saya bermain dengan buruk,” ucap Nadal.

Hasil buruk ini membuat Nadal tak punya pilihan lain, selain menang di sisa laga berikutnya. “Saya dan tim saya tahu bahwa perjalanan ini akan cukup terjal di awal, karena periode dari cedera saya sampai saat ini sangat pendek. Tetapi kami di sini untuk mencoba menang dan itu yang akan terjadi,” sambung petenis Spanyol ini.

Turnamen in door belum pernah menjadi salah satu kekuatan Nadal. Dari 28 turnamen indoor yang telah dilakoninya, petenis 33 tahun itu baru memenangkan satu gelar, yakni di Madrid musim 2005.

Di ATP Finals, Nadal melenggang ke partai puncak pada musim 2010 dan 2013. Meski begitu, Nadal berniat untuk terus berjuang di turnamen kali ini. “Saya tidak mengeluh tentang kondisi fisik saya. Tidak ada rasa sakit pada abdominal saya. Hanya ada hal positif. Itu saja,” tegas suami Xisca Perello ini.

Ia selalu berusaha tampil prima di setiap laga. Meski itu tak lagi mudah setelah mengalami cedera. Sebagai konsekuensi dari kekalahannya, Nadal membuka peluang bagi Novak Djokovic untuk merebut peringkat satu dunia. Nadal bisa saja mempertahankan gelarnya, jika performa Djokovic tak melampauinya sepanjang musim ini.

“Saya belum tereleminasi. Se­lanjutnya, saya menantikan bertemu Daniil Medvedev. Saya pernah mengalahkannya musim ini, yakni di final Rogers Cup dan US Open,” tandas Nadal. (bs/yuk/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.