Kurangi Gadget, Galakan Permainan Tradisional 

18
BAHAGIA. Anak-anak di Kampung Lembur Gunung, Cipakat memainkan permainan tradisional Minggu (2/12).

SINGAPARNA – Taman Baca Pelita Aksara di Desa Cipakat punya cara dalam mengurangi kecanduan gadget generasi muda. Diantaranya dengan menggalakan kembali permainan tradisional yang mulai hilang.

“Untuk mengurangi kecanduan gadget ini harus ada penggantinya, yakni dengan mengenalkan kembali permainan-permainan tradisional kepada generasi muda,” ujar Ketua Taman Baca Pelita Aksara Mila Santika kepada Radar, Minggu (2/12).

Kata dia, taman baca ini tidak hanya menyediakan berbagai macam jenis buku untuk pelajaran anak-anak. Melainkan menyediakan berbagai macam permainan tradisional sebagai alternatif pengganti gadget.

Kata Mila, sebenarnya anak-anak ceria dengan memainkan permainan tradisional. Baik yang menggunakan alat atau hanya sebatas permainan tangan saja. “Ternyata anak-anak ini bisa bermain dengan ceria walaupun tanpa gadget,” bebernya.

Lanjut Mila, permainan yang disediakan seperti congkak dan permainan lainnya yang juga menghibur anak-anak. “Anak-anak banyak yang baru pertama kali memainkannya. Karena mungkin sudah sangat jarang sekali dimainkan,” tandasnya.

Mila mengharapkan semua pihak kembali menggalakan permainan tradisional untuk mengikis kecanduan gadget. “Memang sekarang era serba elektronik dengan kecanggihan teknologi. Tapi harus diimbangi juga dengan permainan tradisional supaya tidak punah,” pungkasnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.