Kurangi Penumpukkan, Bangun 10 Unit TPST Di Pangandaran

14
TPA LIAR. Dinas LH dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran akan membangun 10 unit TPST.

PANGANDARAN – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran berencana membangun 10 unit Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di beberapa desa. Hal itu untuk mengurangi volume sampah yang tiap tahun bertambah.

”Untuk sementara kita ajukan ke provinsi membangun di 10 unit dulu, itu juga belum tentu di terima,” ungkap Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Abay Bayanullah kepada Radar, Senin (26/11)
Ia menuturkan anggaran per TPST membutuhkan Rp 650 juta untuk bangunan dan alat. ”Sedangkan transportasi dan armadanya itu akan dibantu oleh Pemkab Pangandaran,” jelasnya.

Nantinya, sampah-samah yang terkumpul akan diolah serta dimanfaatkan dan di daur ulang. Sementara sampah yang tidak berguna akan dibuang ke TPA. ”Itu akan mengurangi 2/3 tumpukkan sampah di TPA, jika di setiap desa ada TPST,” ucapnya.
Untuk TPST di daerah wisata, lanjut dia, sudah dibangun di daerah Cikembulan. ”Kalau itu khusus untuk pengolahan sampah daerah wisata, pengerjaanya sudah hampir selesai,” ujarnya.

Ia berharap jika tempat pengelolaan sampah banyak di bangun, maka tidak ada lagi penumpukan sampah di TPA dan tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan. ”Mudah-mudahan nantinya Pangandaran akan semakin bersih,” harapnya.

Saat ini, kata dia, target retribusi dari pungutan sampah sudah tercapai 105 persen. ”Target tahun ini sebesar Rp 2,5 miliar, alhamdulilah melebihi target,” ujarnya.
Salah seorang warga Cijulang Dedi (45) berharap pembanguan tempat pengelolaan sampah bisa terwujud.

”Kalau saya sih setuju, apalagi kalau bisa mendongkrak pendapatan masayrakat,” jelasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.