Kursi Kadis Ingin Diisi Pejabat Lokal

2
H Ivan Dicksan

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BUNGURSARI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan menginginkan kursi jabatan kepala dinas atau badan yang kosong di lima organisasi perangkat daerah (OPD) bisa diisi oleh pejabat lokal. Maka dari itu, open bidding (lelang terbuka) jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama kali ini menjadi peluang bagi eselon III untuk menaikkan kariernya.

“Saya berharap teman-teman dari eselon III bisa memanfaatkan peluang ini. Menambah pengalaman minimalnya, bagaimana mengikuti seleksi,” ujar Ivan yang juga sebagai Ketua Panitia Seleksi (Pansel) di Bale Kota, Rabu (10/3).

Walaupun mengharapkan pejabat lokal, Ivan juga membuka peluang bagi eselon III dari daerah lain di Jawa Barat. Adapun pansel yang dibentuk juga melibatkan unsur akademisi dari eksternal pemkot. Jumlahnya tiga orang. Mereka akan ikut menyeleksi peserta open bidding dan memilih tiga nama untuk direkomendasikan ke kepala daerah. “Maka otomatis, peserta di setiap posisi harus lebih dari tiga orang. Kalau tidak terpenuhi sampai 17 Oktober akan diperpanjang,” jelasnya.

Ivan menargetkan memasuki tahun anggaran 2019, kursi JPT pratama di lima OPD itu sudah terisi. Sehingga bisa mempertanggungjawabkan kegiatan di tahun sebelumnya. Pada awal Desember, nama-nama kandidat diupayakan sudah muncul untuk dipilih wali kota. “Nanti rangkaiannya akan berjalan seperti verifikasi administrasi persyaratan. Kemudian ujian kompetensi di LAN RI,” papar Ivan.

Selain itu, peserta open bidding angkatan pertama yang dilaksanakan pada 2017, bisa ikut kembali dalam mengisi kekosongan jabatan lima dinas itu. “Asalkan saat ini belum menduduki jabatan eselon II, peserta open bidding lalu boleh-boleh saja ikut kembali.

Barangkali lebih berpengalaman dalam menjalani tes. Tentu tidak kaget lagi,” ungkap Ivan.
Sementara, pada hari pertama pembukaan pendaftaran open bidding, belum ada pelamar yang menyerahkan ke Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kota Tasikmalaya. “Mungkin informasinya baru diterima. Karena hari ini (kemarin) juga hari pertama pengumuman disosialisasikan,” kata Kepala BKPPD Kota Tasikmalaya Gungun Pahlaguna.

Adapun jabatan kepala dinas atau bada yang belum terisi itu ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dipusipda). (igi)

loading...