Kwarcab Tanam 20 Ribu Bibit Mangrove di Pansela Garut

27
0
TANAM POHON. Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Garut dr Helmi Budiman saat melakukan penanaman mangrove di selatan Garut.
Loading...

CIBALONG – Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Garut menanam 20 ribu pohon mangrove di kawasan pantai selatan, Sabtu (16/1). Penanaman pohon sebagai upaya menghijaukan garis pantai.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Garut dr Helmi Budiman mengatakan dalam penanaman 20 ribu pohon mangrove, pihaknya berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat di wilayah selatan Garut.

Hal itu dilakukan, supaya tanaman mangrove yang sudah ditanam kedepannya bisa dirawat dan tumbuh subur serta memberi manfaat bagi masyarakat.

“Menanam pohon sama dengan membangun optimisme masyarakat. Oleh karena itu, perlu upaya keras untuk menjaga apa yang telah ditanam. Jadi kita kolaborasi dengan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga : Harga Kedelai Tinggi, Dinas Pertanian Garut Lakukan Ini..

loading...

Helmi juga mengingatkan para pengurus Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka khususnya di Kecamatan Cibalong bekerja sama dengan masyarakat dan lembaga lain untuk menjaga tanaman mangrove yang sudah ditanam.

“Ketua Kwaran, saya minta dipantau ini setiap hari, camat seminggu sekali, saya sebulan sekali pantau ini, saya ingin pastikan yang kita tanam saat ini bisa tumbuh besar,” katanya.

Helmi berharap Tagana bisa terus melakukan upaya-upaya penambahan jumlah pohon mangrove yang ditanam mengingat panjangnya garis pantai di wilayah Garut Selatan. “Saya ucapkan terima kasih ke Tagana, mudah-mudahan bisa terus membantu,” kata Helmi.

Ia mengingatkan hutan mangrove di pantai selatan Garut merupakan terbesar di garis pantai selatan Jawa Barat. Namun, hutan mangrove tersebut saat ini terkonsentrasi di wilayah Cagar Alam Sancang.

“Saya dapat laporan hutan mangrove di Garut itu paling luas, hanya adanya di Sancang. Saya ingin ada hutan mangrove di sepanjang pantai Garut Selatan,” paparnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.