Lagi, 1 Orang Nakes Kota Banjar Positif Corona

1034
0
Istimewa. SWAB TEST. Tim pelaksanaan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Banjar saat melakukan test swab terhadap orang yang pernah kontak erat dengan nakes positif Covid-19.
Istimewa. SWAB TEST. Tim pelaksanaan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Banjar saat melakukan test swab terhadap orang yang pernah kontak erat dengan nakes positif Covid-19.

BANJAR – Kasus positif Covid-19 di Kota Banjar kembali bertambah. Kali ini seorang tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Banjar 1 terkonfirmasi positif Covid-19. Itu berdasarkan hasil swab test masif keluar Selasa sore (6/10).

Pelaksana Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Banjar dr H Agus Budiana Eka mengatakan tenaga kesehatan itu berjenis kelamin perempuan dengan usia 23 tahun dan merupakan warga Banjar.

“Dilakukan swab test Kamis tanggal 1 Oktober kemarin, dan keluar hasilnya Selasa sore,” ujar dia kepada wartawan, Rabu (7/10).

Yang bersangkutan positif Covid-19 tanpa gejala dan akan langsung dirujuk ke ruang isolasi RSUD Asih Husada Langensari. Karena di sana merupakan tempat bagi pasien tanpa gejala, berbeda dengan RSUD Kota Banjar khusus yang bergejala.

Pihaknya sampai saat ini masih memastikan satu orang lagi yang disinyalir terkonfirmasi positif Covid-19. Namun masih menunggu hasil resminya.

“Iya betul satu lagi terkonfirmasi positif Covid-19. Asli warga Banjar. Hanya saja tinggal dan di-swab test di Ciamis, sehingga tidak masuk dalam data Kota Banjar,” jelasnya.

Total kasus positif Covid-19 di Kota Banjar hingga saat ini mencapai 39 orang atau bertambah dari sebelumnya 38 orang. Masyarakat diharapkan sadar dan disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik. Seperti menerapkan 3 M: memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak. “Ini upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Banjar, jangan sampai terus bertambah,” ajaknya.

Baca juga : Pengawasan Anggaran di Desa Perlu Ditingkatkan

41 Orang Jalani Swab Test
Tim pelaksana Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar kembali melakukan swab test. Kali ini, sebanyak 41 orang menjalani swab test, dampak bertambahnya kasus terkonfimasi positif Covid-19.

Pelaksana Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar Budi Hendrawan mengatakan 41 orang yang di-swab test di lokasi berbeda. Pertama dari klaster santri Ponpes Cipasung Tasikmalaya. Diduga ada 15 orang yang kontak erat.

“Yang kontak erat dengan santri hasil tracking ada 15 orang dan sudah dilakukan test swab,” ujar dia kepada wartawan, Rabu (7/10).

Menurut dia, sisanya 26 orang yang pernah kontak erat dengan tenaga kesehatan (nakes) terkonfimasi positif Covid-19 yang baru diketahui hasilnya Selasa sore. Sebanyak 26 orang tersebut,di antaranya 20 orang sesama nakes dan 5 orang keluarga yang bersangkutan.

Baca juga : Prajurit Yonif Raider 323 Buaya Putih Kota Banjar Bagikan Masker, Ajak Warga Patuhi 3M

Semuanya menjalani swab test guna meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19 lebih luas. Mereka pun disarankan tidak berinteraksi terlebih dulu dengan yang lain.

“Ya itu guna mengantisipasi jangan sampai menular ke yang lain. Minimal sampai hasil swab test keluar, karena tidak lama,” jelasnya.

Dikatakan dia, total kasus terkonfimasi positif Covid-19 di kota Banjar sebanyak 39 orang. Dengan rincian 8 orang jalani isolasi di rumah sakit, 30 orang sembuh dan satu orang lagi meninggal dunia.

Sementara itu, tim pelaksana Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar sudah melakukan swab test sebanyak 2.121. Dengan hasil positif PCR warga Banjar 33 orang dan luar Banjar 5 orang.

“Kita tak henti-hentinya menyampaikan ke masyarakat jangan abai menerapkan protokol kesehatan. Karena wabah Covid-19 masih ada. Jika disiplin mudah-mudahan bisa selesai,” pungkasnya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.