Lagi, 1 Pasien Positif Corona di Garut Sembuh dan Sudah Pulang ke Selaawi

125
0

SELAAWI – Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengatakan pasien positif ketiga Covid-19 atau KC-3 asal Kecamatan Selaawi dinyatakan sembuh. Pasien pun sudah bisa kembali ke rumahnya.

“Hasil pemeriksaan terakhir, pasien KC-3 ini negatif. Kita periksa dua kali, hasilnya negatif juga. Jadi pasien ini sudah dipastikan sembuh,” ujar Helmi kepada wartawan Rabu (13/5).

Baca juga : Rapid Test, 6 ASN & 1 Wartawan Garut Reaktif Corona

Helmi menerangkan sebelumnya KC-ini mulai dirawat di ruang isolasi RSUD sejak 15 April. Pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 54 tahun ini dirawat karena hasil rapid test reaktif dan mempunyai riwayat perjalanan dari Banten.

“Alhamdulillah sekarang hasil tesnya semua negatif (Covid-19) dan bisa langsung pulang,” terangnya.

Jubir Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Garut Ricky Rizki Darajat mengatakan pasien yang sudah sembuh di Kabupaten Garut sudah ada dua orang. Pertama KC-5 dan sekarang KC-3.

Loading...

Sementara untuk kasus pertama dan kedua, masih belum dinyatakan sembuh.

KC-1 yang berasal dari Wanaraja sempat dinyatakan negatif dari hasil swab. Namun untuk bisa pulang, harus dua kali menjalani uji swab. “Dites yang kedua ini, dia malah dinyatakan positif lagi. Padahal sebelumnya sudah negatif,” katanya.

Sedangkan KC-2 yang berasal dari Garut Kota juga masih dinyatakan positif.

Ia masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya. “KC-2 masih positif. Mudah-mudahan cepat ada hasil baik agar segera selesai isolasi dan beraktivitas biasa,” terangnya. Total kasus positif Covid-19 di Garut berjumlah 11 orang. Dari total yang positif, dua sudah sembuh, satu meninggal dan sisanya dalam perawatan di ruang isolasi RSUD dr Slamet Garut.

DISAMBUT WARGA

Pasien KC-3 yang dinyatakan sembuh langsung pulang ke rumahnya di Desa Samida Kecamatan Selaawi. Kepulangan pria 54 tahun ini disambut Forkopincam Selaawi bersama warga dengan lantunan salawat sebagai rasa syukur kesembuhan KC-3.

“Saya mengucapkan syukur ke Allah karena saya dinyatakan sembuh. Terima kasih juga ke RSUD yang telah merawat saya dengan baik,” ujar KC-3 dalam video kiriman dari Kecamatan Selaawi Rabu (12/5).

Dalam video kepulangan pasien sembuh, keluarga pasien langsung menangis bahagia melihat KC-3 pulang.

Mereka tak henti mengucap syukur karena KC-3 berhasil sembuh. Apalagi sudah sebulan lebih keluarga tak bertemu dengan KC-3.

Camat Selaawi Ridwan Effendi mengatakan meski dinyatakan sembuh, KC-3 tetap harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Ridwan mengingatkan agar KC-3 tak keluar rumah sampai batas waktu isolasi selesai. “Tidur juga sendiri dulu. Jangan keluar rumah selama dua minggu sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca juga : Ribuan Paket Sembako dari Pemprov Jabar Disalurkan ke Warga Garut

Ia juga berpesan agar masyarakat memberi dukungan kepada KC-3. Dukungan moral sangat diperlukan agar KC-3 benar-benar sembuh.

“Stigma dari masyarakat itu yang harus dijaga. Penyakit ini bukan aib, jadi harus beri dukungan. Saling mendukung bisa memberi semangat agar kembali beraktivitas seperti biasa,” paparnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.