Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Lagi, Dua Rumah Terancam Terbawa Longsor

87
0

CIAMIS – Rumah milik Sahlan Sunara (40) dan Sahro Sutisna (50) di Dusun Legok RT 03/01 Desa Indragiri Kecamatan Panawangan terancam terbawa longsor. Halaman rumah keduanya longsor pada Selasa malam (27/2) sekitar pukul 23.00. Kedua rumah itu terletak di atas tebing setinggi lima meter.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengaku mendapat laporan itu dari anggotanya bernama Dimas yang bertugas di wilayah Ciamis Utara. “Makanya kami sarankan kepada (pemilik) dua rumah tersebut untuk mengungsi karena memang sangat rentan sekali bila hujan datang kembali,” ungkap Ade saat ditemui di Mako Tagana Ciamis Rabu (28/2).

Dia menuturkan beberapa pekan terakhir Ciamis selalu diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Puluhan rumah rusak akibat disapu angin dan retakan tanah. Ada juga wilayah yang digenangi banjir akibat curah hujan yang tinggi. Melihat bencana alam yang terjadi sangat kompleks dan tersebar di hampir semua wilayah, dia kembali mengingatkan warga untuak selalu waspada. “Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan selama musim hujan ini,” imbaunya.

Saat ini, kata dia, Tagana tengah berupaya melakukan pemulihan atas sejumlah bencana alam yang terjadi belakangan ini. Seperti di Kecamatan Panawangan, Rajadesa, Rancah, Panjalu, Panumbangan, Cikoneng dan lainnya. Termasuk, memotong pohon tumbang yang melintang di atas jalan desa di Blok Cimeong Desa Tanjungsukur Kecamatan Rajadesa yang sudah lima hari dibiarkan begitu saja.

Tak ada warga yang berani memotong pohon yang ujungnya menimpa jaringan listrik tegangan tinggi PLN itu. “Daripada membahayakan, kami bergerak ke sana langsung memotongnya. Sekarang akses jalan desa kembali lancar,” terangnya.

Sebelumnya, bencana banjir, retakan tanah, longsor dan puting beliung menerjang Kecamatan Rajadesa, Panawangan dan Panumbangan. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.