Lagi, IRT Warga Sinartanjung Kota Banjar Positif Corona

250
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi covid-19/ radartasikmalaya.com

BANJAR – Lagi-lagi kasus positif Covid-19 di Kota Banjar bertambah. Kali ini ibu muda berinisial P (34) asal Desa Sinartanjung Kecamatan Pataruman dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Iya betul ada penambahan lagi, satu orang jenis kelamin perempuan,” ujar Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar H Agus Nugraha kepada wartawan, Jumat (16/10).

Baca juga : Hasil Seleksi Kompetensi CPNS Kota Banjar Diumumkan November

Pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test Kamis sore (15/10). Yang bersangkutan menjalani swab test Rabu (14/10) di Puskesmas Pataruman III.

Pada Minggu (11/10), pasien tersebut pulang menghadiri hajatan di wilayah Ciamis. Senin (12/10), dia mengeluhkan sakit dan ada gejala pada penciumannya.

“Hari Rabunya pasien baru dilakukan swab test dan hasilnya Kamis baru keluar terkonfirmasi positif Covid-19,” tandasnya.

Pelaksana Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar Budi Hendrawan menambahkan, saat ini tim Gugus Tugas melakukan tracing kepada orang-orang yang pernah kontrak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut.

“Ini masih dilakukan tracing. Setelah itu baru swab test. Kita juga belum tahu pasien terpapar oleh siapa? Ini juga sedang koordinasi dengan Satgas Ciamis,” jelasnya.

Budi menambahkan pasien P sudah dibawah ke RS Asih Husada Langensari untuk menjalani isolasi, karena yang bersangkutan memiliki gejala ringan. “Masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan jangan sampai tertular wabah Covid-19,” ajaknya.

Sehari sebelumnya, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Banjar kembali bertambah. Kali ini pasien perempuan berinisial AR berusia 50 tahun warga Kecamatan Purwaharja positif Covid-19.

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar H Agus Nugraha membenarkan hal itu. Kata dia, pasien bergejala ringan dan saat ini sedang menjalani isolasi di rumah sakit.

“Iya betul ada penambahan lagi, satu orang. Hasil swab test baru keluar Rabu sore (14/10, Red),” ujar dia kepada wartawan, Kamis (15/10).

Pelaksana Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar dr H Agus Budiana Ekaputra menambahkan awalnya pasien mengeluhkan sakit dan ada gangguan penciuman. Lalu berobat ke salah satu klinik dan mengkonsultasikan ke Puskesmas.

“Hari Selasa (13/10, Red) pasien menjalani test swab di Puskesmas, lalu dikirim ke Dinkes. Setelah dari Dinkes, baru dikirim Rabu pagi (14/10, Red) diperiksa di RSUD Kota Banjar. Hasilnya baru keluar Rabu sorenya, terkonfirmasi positif Covid-19,” tandasnya.

Kata dia, tim pelaksana Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar langsung bergerak melakukan tracking dan swab test. Mencari siapa saja yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Sejauh ini, baru didapat enam orang yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu. Kemungkinan bisa bertambah, karena aktivitas mobile pasien cukup tinggi.

Baca juga : Kejari Kota Banjar Usut Dugaan Korupsi Rutilahu Desa Sukamukti

“Dia (pasien, Red) memiliki usaha catering, tentu aktivitasnya ke pasar juga kontak dengan konsumen usahanya dia. Kita waspadai transmisi lokal, karena belum diketahui pasien terpapar oleh siapa,” jelasnya. (nto)

Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
JELASKAN. Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar H Agus Nugraha saat diwawancarai awak media.

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.