Lagi, Kawasan Ciamis Dilanda Longsor

128
EVAKUASI – Masyararakat sedang mengevakuasi longsoran tanah dari sawah yang longsor dan menimbun rumah. foto; istimewa

CIAMIS – Akibat hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis, semenjak beberapa hari terakhir, membuat beberapa wilayah terjadi longsor.

Di Dusun Nagara Tengah RT 05/13 Desa Sukasari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis, Rabu (28/ 11) sekitar pukul 08.00, rumah milik Mono (41) tertimbun tanah longsor.

Material longsoran setinggi 30 meter dengan lebar 10 meter itu juga mengancam rumah milik Tika (26).

Tokoh masyarakat Kecamatan Tambaksari, Hadis Dede Sudrajat menuturkan kepada Radar, sekitar pukul 08.00 terjadi longsor tabah sawah sekitar 10 bata, menimpa rumah Mono dan mengancam rumah anaknya Tika.

 

“Usai menerima laporan, warga bergegas gotong royong memberi bantuan dengan mengevakuasi material longsoran. Beruntung, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa,” jelas Hadir yang juga Anggota Tagana Ciamis.

Diakui Hadis, peristiwa longsor tersebut terjadi untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya, tahun 2010.

“Kawasan tersebut memang rawan longsor, dan dikhwatirkan terjadi longsoran lagi bila hujan terus menerus. Makanya kami selalu menghimbau kepada masyarakat , untuk selalu meningkatkan kewaspadaan , karena Tambaksari itu wilayah rawan longsor,” imbaunya.

Sementara, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya membenarkan bahwa adanya laporan kejadian bencana alam.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya kerugian material saja. Kami khawatir karena ada retakan tanah sepenjang 500 meter yang tak menutup kemungkinan bisa longsor. Kami imbau masyarakat untuk waspada, bila ada tanda –tanda bencana segera lapor langsung ke aparat sekitar,” pungkasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.