Lagi-Lagi Disapu Angin Kencang

35
RUSAK. Rumah di Kecamatan Sadananya rusak akibat disapu angin kencang saat hujan deras, Rabu (6/2).ISTIMEWA

CIAMIS – Hujan yang disertai angin kencang kembali menumbangkan pepohonan dan merusak puluhan rumah di Kecamatan Panumbangan, Sadananya, Rajadesa dan Rancah, Rabu (6/2) sekitar pukul 15.00. Beruntung akibat cuaca ekstrem tersebut tidak ada korban jiwa.

Kepala Bidang (Kabid) Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Ani Supiani menjelaskan di Panumbangan, rumah milik Uha (45) di Dusun Cidoyang RT 04 RW 03 Desa Sukakerta rusak tertimpa pohon tumbang. Adapun jumlah rumah rusak di Sadananya, Rajadesa dan Rancah masih dalam pendataan. Diperkirakan di masing-masing kecamatan itu ada belasan rumah rusak ringan dan sedang. “Data sementara puluhan yang rusak, kebanyakan rumah tertimpa berbagai jenis pohon. Ada juga yang terhempas angin bagian gentingnya rusak,” ujar Ani saat dihubungi Radar.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya menyebutkan jumlah rumah rusak akibat angin kencang di Kecamatan Sadananya mencapai sekitar 30 unit. Kerusakan rumah masuk kategori ringan. Untuk jumlah rumah yang terdampak di Rajadesa masih didata. Diperkirakan mencapai belasan unit. “Kami bersama anggota lakukan evakuasi membantu masyarakat yang terkena dampak bencana angin kencang tersebut. Salah satunya seperti di Kecamatan Sadananya,” kata dia.

Ade menerangkan peristiwa hujan deras disertai angin kencang yang merusak rumah itu sudah terjadi dua hari berturut-turut. Maka dari itu, masyarakat harus benar-benar mewaspadai cuaca ekstrem tersebut. Bila tempat tinggal berada di dekat pohon, maka pangkaslah dahan-dahan pohon agar ketika terhempas angin kencang tidak roboh.

Kepala Bidang (Kabid) Bantuan dan Perlindungan Sosial (Balinsos) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis Wawan Setiawan SH menyatakan sudah menyalurkan bantuan ke korban angin kencang di Kecamatan Cisaga, Sadananya dan Cidolog. Bantun yang diberikan berupa sembako, selimut dan tikar. “Semoga bantuan yang kami berikan bisa bermanfaat dipergunakan,” tutur dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.