Lahan Relokasi untuk Korban Pergeseran Tanah di Cibalong Tasik Mulai Disiapkan

35
0
ISTIMEWA. EVAKUASI. Tagana Kabupaten Tasikmalaya melakukan evakuasi pohon yang tumbang akibat pergeseran tanah di Cibalong, Rabu (10/2/2021).
ISTIMEWA. EVAKUASI. Tagana Kabupaten Tasikmalaya melakukan evakuasi pohon yang tumbang akibat pergeseran tanah di Cibalong, Rabu (10/2/2021).
Loading...

CIBALONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya menargetkan Badan Geologi segera mengkaji lokasi pergeseran tanah di Kampung Babakan Jeruk Desa Singajaya Kecamatan Cibalong.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin mengatakan, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan Badan Geologi untuk melakukan kajian di Cibalong, karena memang kondisinya cukup parah pergeseran tanahnya.

“Hal itu dilakukan untuk menentukan apakah lokasi tersebut harus direlokasi atau tidaknya agar masyarakat terdampak bisa segera mendapatkan kepastian,” ujarnya kepada Radar, Rabu (10/2/2021).

Baca juga : Pergerakan Tanah di Cibalong Tasik Makin Membahayakan

Kata dia, pihaknya menargetkan Badan Geologi bisa turun ke Cibalong minggu depan. Termasuk sudah dilakukan pembahasan bersama pemerintah kecamatan dan desa setempat untuk menyiapkan titik relokasi, itu pun jika rekomendasi Badan Geologi harus direlokasi ke tempat yang lebih aman.

loading...

“Pemerintah desa setempat sudah menentukan titik lokasi jika nanti harus direlokasi. Jadi kemungkinan masih di Desa Singajaya titiknya. Intinya kita tunggu dulu hasil kajian Badan Geologi,” ujar dia.

Perkembangan pergeseran tanah pun, tambah dia, masih seperti kemarin sebanyak tujuh rumah rusak parah dan penghuninya mengungsi ke rumah keluarganya. Sejauh ini total ada 30 orang yang mengungsi ke tempat saudara atau yang lebih aman.

Camat Cibalong Amin Azis menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan muspika termasuk Pemerintah Desa Singajaya membahas soal tanah yang disiapkan ketika harus ada relokasi hasil kajian Badan Geologi.

“Iya kalau titiknya belum dipastikan, karena titik lokasi untuk tempat relokasi harus dikaji Badan Geologi, namun masih di Desa Singajaya,” kata dia. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.