Langkah Menuju Kota ODF

39
SOSIALISASI ODF. Peserta, juri dan pejabat Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya bersemangat mengikuti sosialisasi lomba Kampung ODF di Aula Dinas Pendidikan (Disdik), Selasa (7/8).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SL TOBING – Tim juri lomba Kampung Open Defecation Free (ODF) Kota Tasikmalaya sudah merancang format penilaian di Graha Pena Radar Tasikmalaya, Rabu (15/8). Hasilnya ada lima kriteria penilaian yang akan menentukan Kampung ODF terbaik.

Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya Iis Nuraeni SKm menuturkan kriteria penilaian itu menyangkut kebijakan, kondisi lingkungan, penerapan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), proses pemberdayaan masyarakat dan inovasi.

“Lima kriteria penilaian ini nanti akan kita sosialisasikan dalam technical meeting. Divisi operasionalnya akan kita jelaskan juga,” ujar Iis di Graha Pena Radar Tasikmalaya Jalan SL Tobing kemarin.

Rencananya, technical meeting akan dilaksanakan pada Senin (20/8). Pada pertemuan ini akan diundang perwakilan dari pemerintah kecamatan, kelurahan yang ditunjuk, puskesmas, dan RT/RW yang akan dipilih untuk ikut lomba Kampung ODF.

“Jadi ODF ini harus lahir dari adanya political will dari semua yang terlibat. Tahun ini kita mulai dari kampung ODF untuk menuju Kota ODF pada 2022. Jadi secara bertahap,” ungkapnya.

Iis berharap penilaian Kampung ODF 2018 akan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk lebih baik. Sehingga cita-cita 2022 Kota Tasikmalaya sebagai Kota ODF dapat tercapai. “Ini harus digaungkan bersama dan alhamdulillah masyarakat merespons dengan baik,” ujarnya.

Sementara, tim penilai yang hadir dalam rapat kemarin terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes), akademisi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Siliwangi, aktivis SNV (Stichting Nederlandse Vrijwilligers), Forum Kota Sehat Kota Tasikmalaya, dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (Hakli) Kota Tasikmalaya. (ais)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.