Langkap Timur Layak Dimekarkan

30
0
DEKLARASI. Sembilan desa di Langkaplancar mendeklarasikan diri mendukung pemekaran Kecamatan Langkaplancar beberapa waktu lalu.
Loading...

PANGANDARAN – Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan mengkaji keinginan masyarakat dari sembilan desa di Langkaplancar, agar kecamatan terluas di Pangandaran itu segera dimekarkan.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani mengatakan syarat untuk sebuah kecamatan baru adalah memiliki 10 desa. Jumlahnya harus sama dengan desa di kecamatan induk.

”Sama dengan pemekaran desa, kalau di desa yang jadi patokan itu jumlah penduduk, kalau di kecamatan ya jumlah desa,” terangnya kepada Radar, Minggu (16/6).

Saat ini, jumlah keselurahan di Kecamatan Langkaplancar hanya 15 desa. ”Dulu juga sempat dikaji bersama Pak Mahmud (mantan sekda,Red), apakah harus ada pemekaran desa dulu, agar jumlahnya bisa memenuhi syarat, karena ada 15 desa di Langkaplancar, jika yang dimekarkan memiliki 10 desa, maka di kecamatan sebelumnya harus 10 desa” tuturnya.

Sejauh ini, lanjut dia, hanya di Kecamatan Langkaplancar yang mengusulkan pemekaran. ”Kalau usulan pemekaran desa hanya dari Kecamatan Padaherang saja,”terangnya.

Dia berjanji akan mengkaji bersama bagian pemerintahan, mengenai usulan pemekaran tersebut. ”Nanti kita lihat, bagaimana formula pemekaran ini,” tuturnya.

Tokoh Pemuda Lankaplancar Muhtadin mengaku akan memperjuangankan keinginan masyarakat Langkaplancar Timur.

Loading...

”Tentu prosesnya tidak mudah dan tidak begitu saja jadi kecamatan. Banyak tahapan yang harus dilakukan, baik segi fisik maupun administrasi” katanya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.