Lansia Warga Bayongbong Garut Tinggal di Gubuk Nyaris Ambruk

30
0
Istimewa MEMBANTU. Kepala Desa Bayongbong dan Anggota DPRD Garut Yudha Pudja Turnawan melihat kondisi Mak Anah, kemarin.
Loading...

BAYONGBONG – Mak Anah, warga Kampung Sukamulya Desa Bayongbong Kecamatan Bayongbong tinggal bersama suaminya yang sudah sepuh di sebuah rumah yang nyaris roboh.

Meski kondisi rumah sudah tidak layak huni, Mak Anah tidak bisa berbuat apa-apa, karena kondisi ekonomi yang serba pas-pasan.

“Mau perbaiki gimana, buat makan juga sulit. Penghasilan suami hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja,” ujar Mak Anah sambil terbaring di tempat tidur, Sabtu (23/1).

Saat ini, dirinya yang sudah lama struk dan tidak bisa berjalan. Sehingga tidak bisa membantu suaminya mencari uang. Suaminya hanya bekerja serabutan. “Sekarang alhamdulilah ada yang bantu, syukur alhamdulillah,” ujarnya.

Baca juga : Bahayakah Pengguna Jalan, Pohon Tua Pinggir Jalan Garut Dibabat

loading...

Sementara itu, Ustaz Imat Ruhimat, tokoh masyarakat di kampung tersebut mengatakan untuk perbaikan rumah Mak Anah warga miskin yang mengalami stroke dan rumahnya nyaris roboh akan dilakukan dengan swadaya masyarakat. “Masyarakat di sini tergerak untuk membantu Mak Anah karena kondisi rumahnya benar-benar sudah gawat. Nyaris ambruk,” ujarnya.

Suami Mak Anah sendiri, kata Imat, merupakan kuli angkut yang sudah sepuh. Tak bisa berbuat banyak untuk memperbaiki rumahnya. Bahkan sekadar memenuhi kebutuhan sehari-hari pun kesulitan.

“Rencana besok (hari ini, Red) itu mau dibongkar, tapi lihat situasi dulu kalau nggak hujan kemudian Mak Anak rencana mau diungsikan dulu ke rumah tetangga,” ujar Imat.

Untuk pembangunan, terkumpul uang swadaya warga. Dari berbagai pihak pun ada yang membantu. Diantaranya dari Ketua DPC PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan.

Dihubungi terpisah, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut Yudha Puja Turnawan membenarkan pihaknya sudah memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 2 juta juga bantuan sembako untuk Mak Anah.

“Tadi (kemarin, Red) kita bersama Pak Kades Bayongbong menengok kondisi Mak Anah yang menderita sakit stroke dan kondisi rumahnya yang tidak layak huni,” ujar Yudha.

Selain itu Yudha berniat akan memberi bantuan material bangunan ketika pembangunan dilaksanakan nanti. Yudha berharap dalam perbaikan rumah jompo ini masyarakat bisa memperkokoh kegotongroyongan. (yna)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.