Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.2%

20.3%

8.1%

67.4%

Lansia Warga Sindangbarang Ciamis Sebatang Kara Butuh Uluran Tangan

88
0
ISTIMEWA SENDIRI. Iyah (90), warga Desa Sindangbarang harus rela tinggal seorang diri di rumahnya yang sudah tidak layak huni, Rabu (2/9).

CIAMIS – Iyah (90), war­ga Dusun Landeuh RT/RW 05/03 Desa Sindangbarang Ke­camatan Panumbangan tinggal se­batang kara. Dia mengaku tidak pernah mendapatkan bantuan apa pun dari pemerintah.

Wanita lanjut usia (lansia) ini tinggal di rumah yang sudah tidak layak huni dan nyaris ambruk. Kondisi bangunan rumah sudah lapuk termakan usia, atapnya bolong dan air pun dengan mudah masuk ke rumahnya.

Baca juga : Diduga Ngantuk, Bus GR Seruduk Rumah di Gunung Cupu Ciamis

Kepala Desa Sin­dan­g­barang Dedi Cakr­a mengatakan, pi­haknya bersama Babinkamtibmas Polsek Panumbangan  Bripka Doni Herman pada Rabu (2/9) pagi meninjau rumah Iyah, sekaligus memberikan sembako untuk menutupi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

“Kami sangat terharu melihat kondisinya yang tinggal sendirian di rumah tidak layak huni berukuran 3×5 meter persegi. Rumah tersebut dibangun oleh masyarakat secara swadaya,” ujarnya kepada Radar, Rabu (2/9).

“Saya sangat prihatin dengan kondisi lansia tersebut, karena memang kebutuhan sehari-harinya dibantu masyarakat sekitar bahkan kami juga bantu memberikan sembako. Mudah-mudahan bisa sedikit meringankan beban Iyah,” katanya, menambahkan.

Kata dia, pada saat dirinya menjabat sebagai Kaur Pemerintah Desa Sindangbarang pada tahun 2013, nama Iyah ini sudah diajukan agar dapat berbagai bantuan program pemerintah. Baik masalah PKH, rutilahu dan kesehatannya atau BPNT juga. Namun, hanya mendapat bantuan BPNT saja.

“Upaya kami dari desa kalau bantuan semampunya sering dibantu. Karena kami juga merasa terharu melihat kondisinya yang sudah sepuh serba kekurangan dan tinggal sendiri,” paparnya.

Baca juga : Diduga Peras Yayasan, Anggota KPK & Wartawan Palsu Dibekuk Polisi Ciamis

Dedi menjelaskan, di wilayahnya saat ini ada 10 warga yang memang miskin dan sangat butuh bantuan rutilahu atau yang lainnya. “Harapan kami ajuan yang telah dilayangkan bisa terealisasi dan mereka dapat bantuan rutilahu,” harapnya.

Babinkamtibmas Polsek Pa­­num­bang­an  Bripka Doni Herman mengatakan, kondisi Iyah sangat menyedihkan dan membuat warga pun bergotong royong memberikan bantuan bergiliran. “Kami sering melihat dan mengunjunginya untuk memberikan batuan sembko kepada Iyah. Rumahnya juga sudah tidak layak dan perlu diperbaiki,” tuntasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.