Lapak di Pasar Cibeureum Kota Tasik Gratis

357
0
BELUM BEROPERASI. Pasar Rakyat Cibeureum akan segera dioperasikan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya. Pendaftaran untuk pengisi kios dan los mulai dibuka kemarin (26/1). RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CIBEUREUM – Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya mulai membuka pendaftaran pelaku usaha untuk mengisi Pasar Rakyat Cibeureum. Lapak akan diisi secara gratis tanpa ada biaya sewa terlebih diperjualbelikan.

Kasi Sarana dan Prasarana Perdagangan Dinas KUMKM Perindag, Dadan Iskandar mengatakan pendaftaran calon pengisi kios dan los dibuka mulai hari ini (kemarin 26/1). Warga yang berminat bisa langsung mendaftarkan diri dengan melengkapi administrasi.

“Pendaftaran tidak langsung ke dinas tapi melalui surat ke kantor pos,” ungkapnya kepada Radar, Selasa (26/1).

Salah satu syarat administrasi yakni Surat Keterangan Usaha (SKU), secara otomatis yang bisa mendaftar adalah pelaku usaha perdagangan. Dilengkapi dengan foto aktivitas kegiatan usaha. “Yang penting punya usaha, bisa itu warung, toko, pedagang keliling dan lainnya,” tutur dia.

Baca juga : PPKM di Kota Tasik Diperpanjang, Begini Aturannya..

loading...

Namun demikian, pedagang yang sudah mengisi lapak di pasar milik pemerintah tidak diperkenankan ikut. Untuk itu, peserta harus membuat pernyataan tidak mengisi kios di pasar milik pemerintah di lokasi lain.

“Formatnya bebas yang penting ada surat pernyataan itu, dan bisa dengan tulis tangan atau diketik,” katanya.

Batas pendaftaran paling lambat 6 Februari 2020, selanjutnya pihak dinas akan melakukan seleksi administrasi. Pedagang yang memenuhi syarat akan dipanggil untuk melakukan wawancara. “Makanya harus mencantumkan nomor HP yang aktif, karena panggilannya lewat kontak person,” terangnya.

Disinggung biaya khusus untuk mengisi kios dan los, dia menegaskan tidak ada biaya sewa. Namun tetap ada kewajiban pengisi kios dan los untuk membayar retribusi. “Tidak ada sewa, hanya bayar retribusi saja,” tuturnya.

Di Pasar Rakyat Cibeureum sendiri, nantinya penentuan pengisian blok kios dan los akan dilakukan dengan cara pengundian. Sehingga calon pengisi kios tidak bisa memesan untuk menempati belok tertentu.

Namun demikian, ada mekanisme khusus terkait penempatan pedagang di pasar itu. Sehingga jenis-jenis barang dagangan tidak dicampur aduk di satu blok. “Misal ada blok khusus fashion, sembako dan lain-lain,” terangnya. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.