Lapangan Sakti Lodaya Menjadi Standar FIFA

585
MEGAH. Pemerintah Desa Cisayong menyulap lapangan sepak bola Sakti Lodaya menjadi megah dan berstandar FIFA menggunakan dana desa tahun ini Jumat (14/9).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CISAYONG – Pemerintah Desa Cisayong menyulap lapangan sepak bola Sakti Lodaya menjadi sarana olahraga desa yang berstandar Federation of International Football Association (FIFA). Pembangunan tersebut menggunakan alokasi dana desa (DD) tahap satu, dua dan tiga tahun ini.

Kepala Desa Cisayong Yudi Cahyudi mengatakan untuk tahun ini semua alokasi DD diprioritaskan kepada pembangunan lapangan sepak bola tersebut. Pembangunan sarana olahraga desa ini sesuai dengan Peraturan Kementerian Desa Nomor 19 Tahun 2017 tentang Prioritas Dana Desa. Di mana Permendesa tersebut ada empat prioritas untuk penggunaan dana desa.

Pertama, kata dia, dana desa bisa digunakan untuk realisasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kedua penyertaan modal BUMDes. Ketiga bisa digunakan untuk produk unggulan desa (Prudes) dan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades) dan keempat untuk sarana olahraga desa.

“Kita di Pemerintah Desa Cisayong dalam pembangunan lapangan sepak bola Sakti Lodaya ini bukan hanya dari dana desa. Bahkan dari anggaran pembelanjaan desa tahun ini semua diprioritaskan melalui hasil musyawarah desa, bahwa masyarakat sepakat kita membangun sarana olahraga desa,” terangnya kepada Radar, Jumat (14/9).

Lapangan berstandar FIFA ini, kata dia, bisa digunakan untuk pembinaan generasi muda dalam mencari bibit pesepak bola di Desa Cisayong khu­susnya. Kemudian lapangan ini bisa disewakan baik un­tuk masyarakat Cisayong mau­pun luar. “Se­mentara untuk pe­ngelolaan sarana olahraga milik desa ini akan diurus di bawah naungan BUMDes Sakti Lodaya,” ungkapnya.

Tempat yang sama, Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Cisayong Dian Daryana menambahkan keseluruhan pembangunan sampai dengan bulan ini mencapai Rp 1,1 miliar. “Rencananya akan diresmikan pada Oktober atau Desember tahun ini,” terangnya.

Lapangan sepak bola Sakti Lodaya ini, tambah dia, setelah bisa digunakan akan disewakan kepada umum satu kali main Rp 500 ribu. Untuk perawatan yang dilakukan terhadap lapangan ini seperti dilakukan penyiraman menggunakan air pada pagi dan sore hari. Kemudian pemberian pupuk supaya rumput liar tidak tumbuh di lapangan yang mempunyai panjang 90 dan lebar 50 meter ini. (dik)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.