Lapas Garut Geledah Kamar Napi, Petugas Temukan Ini..

29
0
Lapas kelas IIB Garut untuk Rakyat Garut RAZIA. Lapas Garut mengadakan penggeledahan terhadap kamar hunian narapidana. Pada razia ditemukan belasan handphone, power bank, kabel data serta sendok besi.
Loading...

BANYURESMI – Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIB Garut menggeledah kamar hunian narapidana Selasa (2/2/2021). Pada razia itu, petugas Lapas Garut mengamankan sejumlah barang terlarang di beberapa kamar hunian narapidana.

Kepala Lapas kelas IIB Garut RM Kristyo Nugroho mengatakan penggeledahan kamar hunian narapidana merupakan kegiatan rutin yang diadakan Lapas Garut. Hal ini dilakukan untuk mastikan dan meminimalisir adanya barang-barang yang dilarang berada di kamar narapidana.

“Kami tidak ingin ada barang terlarang di kamar para narapidana seperti handphone, narkoba atau barang terlarang lainnya. Jadi kita rutin adakan razia seperti ini,” ujar Kristyo dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Baca juga : Pembangunan Jalur KA Cibatu-Garut Dikebut, 2021 Selesai..

Kristyo mengatakan dalam penggeledahan, petugas menemukan sejumlah barang-barang yang dilarang. Di antaranya belasan handphone, power bank, kabel data dan sendok besi. “Barang-barang yang ditemukan itu kami amankan untuk selanjutnya dimusnahkan,” katanya.

loading...

Menurut dia, selain rutin penggeledahan, Lapas Garut juga lebih meningkatkan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap siapa pun yang akan memasuki Lapas. Hal itu dilakukan untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang ke dalam Lapas.

“Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen saya untuk mencegah segala bentuk penyimpangan di dalam Lapas,” katanya.
Selama ini, tambah Kristyo, pihaknya selalu bersinergi dengan polisi dan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Lapas Garut.

Kegiatan yang sama dadakan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Garut. Dalam kegaiatan itu, diamankan benda-benda terlarang di kamar tahanan.

“Hasil penggeledahan hanya ditemukan beberapa benda larangan berupa tiga buah alat cukur, kartu gaple dan satu buah obeng,” ujar Kepala Rutan Garut I Wayan Bondan Wahyu Kusuma Dusak dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/2/2021).

Menurut dia, dalam kegiatan razia yang diadakan pada Senin 1 Februari malam hari itu menyasar kamar tahanan khusus narkoba sebanyak empat kamar dengan jumlah 32 orang dari jumlah keseluruhan penghuni sebanyak 174 orang.

“Target kami adalah narkoba, telepon genggam dan benda-benda yang ditakutkan dapat dijadikan senjata berbahaya dan barang terlarang lainnya,” ujarnya.

Bondan mengatakan setiap petugas secara teliti melakukan pemeriksaan ke seluruh ruang kamar hunian, toilet, tempat sampah dan sela-sela sempit yang diperkirakan bisa menjadi tempat persembunyian barang terlarang. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.