Latih Mandiri dengan Outbond

6

CIAMIS – Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah 1 Tasikmalaya menggelar outbond di Obyek Wisata Sukahaji Waterboom Cihaurbeuti Ciamis Kamis (6/12). Outbond ini diikuti 41 anak dari Kelompok A dan B.

Kepala TK Aisyiyah 1 Tasikmalaya Wiwi Wilastri SPd mengatakan kegiatan outbond tersebut merupakan aplikasi dari puncak tema yang dilaksanakan di akhir semester. “Jadi setiap tema pembelajaran ada puncak tema, untuk semester ini mencakup beberapa tema yakni Lingkungan, Cinta Tanah Air dan Diri Sendiri. Di dalamnya ada hobi atau kesukaan, kemandirian dan lainnya,” tutur Wiwi.

Acara dimulai dengan games pemanasan yang dipandu langsung oleh tim outbond Obyek Wisata Sukahaji Waterboom. Tujuan games pemanasan ini agar anak-anak siap untuk mengikuti rangkaian kegiatan outbond yang sudah disiapkan.

“Jadi untuk outbond kali ini agendanya setelah pemanasan anak akan diajak menghias roti, kemudian masuk ke outbond ketangkasan dan kemandirian di lumpur dan air. Setelah itu berenang bersama,” ungkapnya.

Pada outbond ini, sambung Wiwi, anak didampingi orang tua dan guru, sehingga hubungan anak dengan orang tua juga akan semakin erat. Bahkan, sambungnya, dengan outbond ini perkembangan anak juga lebih optimal, di mana dalam setiap proses permainan atau outbond motorik kasar dan halusnya terlatih. Anak juga belajar mengantri, mandiri serta belajar untuk percaya diri sehingga bisa mengikuti setiap permainan.

Kegiatan yang dilaksanakan di luar sekolah ini juga sebagai upaya mengenalkan lingkungan sekitar pada anak. Anak juga belajar bersosialisasi dengan teman dan rekannya yang lain.

“Kami berharap dengan outbond ini anak jadi lebih mandiri, berani mengekpresikan dirinya serta ikatan emosional dengan orang tuanya terjaga erat . Hal ini mendukung suksesnya proses pendidikan,” ungkap Wiwi.

Ketua Persatuan Orang Tua Murid (POM) TK Aisyiyah 1 Tasikmalaya Laila Sahara mengatakan kegiatan outbond ini membuat orang tua gembira karena melihat anak-anak yang semangat. Terlebih dari kegiatan outdoor ini banyak sekali manfaatnya. Banyak hal baru yang anak rasakan yang mungkin jarang dialami di sekolah ataupun di rumah.

“Salah satunya main lumpur dan air, biasanya kalau di rumah atau sekolah main kotor-kotoran suka dilarang, sekarang anak bisa ekspresikan dirinya dan ketika anak bersemangat dan gembira kita sebagai orang tua merasa sangat senang,” tutur Laila. Dia juga berharap kegiatan outbond bisa jadi agenda rutin karena banyak manfaatnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.